fbpx

Mengatasi Konstipasi dengan Buah Pepaya, Ini Rahasianya

Mengatasi Konstipasi dengan Buah Pepaya, Ini Rahasianya

Oleh : Budhi Purwanto, S.Kep. Ners. M.Kes

Hadila.co.id — Susah buang air besar? Sudah pasti sangat menggangu aktivitas kita. Susah buang air besar biasa disebut dengan konstipasi atau sering disebut dengan sembelit. yaitu kelainan pada sistem pencernaan dimana terjadi pengerasan feses yang berlebihan sehingga sulit dikeluarkan dan dapat menyebabkan adanya rasa nyeri.

Konstipasi biasanya disebabkan oleh kekurangan cairan tubuh dan dehidrasi, stres, pengaruh hormonal, diet rendah serat, dan adanya efek samping dari pengobatan tertentu. Lalu bagaimana cara mengatasi konstipasi?

Tanda dan gejala yang timbul biasanya berupa nyeri saat buang air besar, rasa mulas yang berlebihan tetapi feses belum dapat keluar,  rasa penuh di dalam perut, dan kadang ditemukan feses bercampur darah.

Berbagai buah dan sayur bisa kita konsumsi utuk mencegah dan mengatasi konstipasi seperti buah pepaya, tomat, melon, apel, mangga, nanas, stoberi, dan masih banyak lagi

Pepaya merupakan buah dengan kandungan air dan serat yang tinggi sehingga dapat berkhasiat untuk memperlancar buang air besar dan mengatasi konstipasi.

Pepaya memiliki nama ilmiah carica papaya. L. Kandungan kimia yang terdapat dalam 100 gram pepaya matang yaitu kalori 46 kal, vitamin A 365 SI, vitamin B1 0,04 mg, vitamin C 78 mg, kalsium 23 mg, hidrat arang 12,2 gram, fosfor 12 mg, besi 1,7 mg, protein 0,5 mg, air 86,7 gram.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat