Lima Alasan Suami Istri Malas Membahas Masalah Keluarga

Lima Alasan Suami Istri Malas Membahas Masalah Keluarga

Oleh : Cahyadi Takariawan (Konselor

Suami : “Bu, ini uang Rp 50.000, dicukupin ya buat 3 hari, syukur-syukur bisa buat seminggu.”

Istri : “Ya Pak, buat setahun juga bisa.”

Suami : “Wah alhamdulillah, beruntung banget aku, punya istri yang baik, cantik, dan hemat. Dibelikan apa Bu, uang Rp50.000 kok bisa buat setahun?”

Istri : “Ntar aku belikan kalender 2021 Pak..”

Masalah hidup berumah tangga sering kali merupakan tumpukan dari masalah-masalah kecil yang dibiarkan tanpa ada penyelesaian. Harusnya, suami dan istri segera duduk berdua membahas persoalan-persoalan keluarga agar tidak sampai menumpuk. Namun sayangnya, upaya untuk menyelesaikan masalah keluarga ini kadang terhalang oleh sikap suami atau istri yang malas berkomunikasi. Sikap malas berkomunikasi untuk membahas dan menyelesaikan masalah keluarga ini tentu ada sebabnya.

Ada beberapa sebab mengapa suami atau istri malas membahas permasalahan keluarga dengan pasangan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, belum menemukan chemistry kesejiwaan. Untuk bisa nyaman berkomunikasi antara suami dan istri, diperlukan sebuah rumus kimia tertentu (chemistry) yang bisa menciptakan kesejiwaan di antara mereka berdua. Jika suami dan istri masih menjadi dua pihak yang berbeda, belum satu jiwa, belum menjadi soulmate, wajar jika selalu terdapat gap atau kendala dalam berkomunikasi dengan pasangan. Suasana ini menjadi pemicu malas dalam berkomunikasi dengan pasangan. Chemistry ini harus ditemukan terlebih dahulu oleh suami dan istri.

Suami dan istri yang belum menemukan kesejiwaan, akan cenderung malas untuk melakukan komunikasi, apalagi yang dianggap tema berat, seperti membahas masalah keluarga. Kadang ada kecurigaan, bahwa sang istri tengah menuduh dan mengadili suami. Atau kecurigaan, bahwa sang suami akan marah dan menyalahkan sang istri. Suasana ini muncul akibat belum adanya kesejiwaan antara suami dan istri.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat