fbpx

Hukum Memakai Parfum bagi Muslimah

Hukum Memakai Parfum bagi Muslimah

Asalamualaikum. Bagaimana hukum memakai minyak wangi, khususnya bagi perempuan? Sahkah salat kita jika saat salat kita menggunakan minyak wangi yang ternyata mengandung alkohol? (Nana, Solo)

 Konsultan: Ustazah Nursilaturahmah Lc (Dosen Ma’had Abu Bakar Ash Shidiq Putri)

Wa’alaikumussalaam warahmatullahi wabarakaatuh.

Saudari penanya yang dimuliakan Allah Swt, sebagaimana kami sampaikan pada kesempatan sebelumnya, bahwa Islam adalah agama yang indah dan menyukai keindahan. Dan di antara keindahan yang sering menjadi perhatian dalam Islam adalah wanita dengan pernak perniknya. Maka dari itu Islam mengaturnya sedemikian rupa agar menjadi jalan kebaikan untuk semua. Di manapun wanita pasti menyukai kesegaran dan keharuman, dan agar tidak menimbulkan fitnah bagi sesama.

Rasullah Saw bersabda, “Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai, maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (H.R. An-Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad)

Perlu diketahu bahwa larangan di atas bukan berarti perempuan tidak boleh memakai wewangian sama sekali atau dibiarkan berbau tak sedap. Sebab Rasulullah Saw juga bersabda, “Wewangian seorang laki-laki adalah yang tidak jelas warnanya tapi tampak bau harumnya. Sedangkan wewangian perempuan adalah yang warnanya jelas tapi baunya tidak begitu nampak.” (H.R. Baihaqi dalam Syu’abul Iman, no.7564)

Dari keterangan dua hadis di atas, maka bisa kita simpulkan tentang aturan memakai parfum bagi wanita muslimah sebagai berikut:

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat