Cara Mudah Hidup Bahagia

Cara Mudah Hidup Bahagia
Sumber gambar: beritadunia.net

Hadila.co.id — Dalam hidup ini, kita harus tahu bagaimana cara untuk bisa hidup bahagia. Hidup di dunia yang hanya sebentar ini tidak akan lepas dari goncangan dan godaan. Karena goncangan, kita bisa menangis. Karena godaan, kita bisa terlena.

Selama kita masih hidup di dunia, maka kita tidak bisa berharap untuk tidak pernah merasakan sakit. Namun, karena sakit kita bisa menemukan indahnya nikmat Allah. Rasulullah bersabda, “Dua nikmat yang membuat manusia banyak teperdaya olehnya; nikmat sehat dan waktu luang.” [H.R. Bukhari No. 6412]

Terkadang seseorang terlena dengan kesehatan dalam waktu yang panjang, sehingga ia lupa bertafakur tentang kebesaran nikmat dan lalai bersyukur kepada Allah. Kemudian ia diuji dengan sakit, sehingga mengenal kadar yang besar tersebut, karena sakit membuatnya tidak bisa memperoleh kepentingan agama dan dunia.

Terkadang manusia mendapat kesempatan, tetapi ia tidak bisa memanfaatkan karena disibukkan oleh sakitnya. Kesempatan adalah nikmat yang tidak sempurna kecuali disertai kesehatan. Adanya ingatan saat sakit, akan meningkatkan rasa syukur terhadap kesehatan yang diberikan Allah.

Orang beriman bukanlah orang yang tidak pernah sedih. Orang beriman bukan orang yang tidak pernah marah. Orang beriman bukan orang yang tidak mungkin tergelincir. Namun, orang beriman adalah orang yang selalu berusaha menyandarkan permasalahan dan kebutuhannya hanya kepada Allah.

Orang beriman selalu hidup bahagia dan enteng menjalani hidup karena dia taat, istikamah, rendah hati, dan baik sangka. Allah berfirman, “Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati, dan apabila orang-orang bodoh menghina mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka membalas dengan ucapan doa salam.[Q.S. Al-Furqan (25): 63]

Dalam ayat lain Allah menegaskan, “Sesungguhnya setan tidak pernah dan tidak akan pernah mampu menguasai orang-orang yang beriman dan bertawakal kepada Allah.” [Q.S. An-Nahl (16): 99]

Empat Kunci Hidup Bahagia

Taat, istikamah, rendah hati, dan baik sangka merupakan cara-cara yang bisa membuat seseorang hidup bahagia. Syaratnya, keempat cara tersebut harus berjalan beriringan.

Taat adalah bentuk ketundukan (patuh), dalam hal ini senantiasa tunduk pada perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat