Cara Mengatasi Wasir Bagi Penderita yang Masih Muda

Cara Mengatasi Wasir Bagi Penderita yang Masih Muda
Sumber gambar: cyber-berkut.net

Hadila.co.idAssalamualaikum. Dokter, saya perempuan (22 tahun). Saya terkena wasir/hemoroid sejak SMA, karena riwayat ibu juga terkena wasir. Bagaimana cara mengatasi wasir ini, Dok? Karena saya belum menikah dan melahirkan. (085293881xxx)

Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Wasir atau ambeien istilah medisnya adalah hemoroid, yakni terjadinya pelebaran pembuluh darah vena di bagian anus.

Wasir atau hemoroid ada 2 macam, yaitu hemoroid interna dan hemoroid eksterna. Hemoroid interna ditandai dengan adanya benjolan di dalam anus sedangkan untuk hemoroid eksterna benjolannya terdapat di bagian luar anus.

Gejala awal dari penyakit ini adalah ketika BAB keluar darah segar, setelah lama berlangsung akan muncul benjolan. Untuk tahap awal ini BAB nya kadang hanya menetes, bisa juga langsung mengalir.

Stadium Penyakit Wasir

Penyakit wasir memiliki 4 stadium, sehingga cara mengatasi wasir pun berbeda-beda. Untuk stadium awal biasanya penderita tidak merasakan sakit, ia akan merasakan sakit ketika sudah mulai muncul benjolan. Benjolan tersebut awalnya hanya kecil, dan itu bisa keluar atau masuk anus dengan sendirinya.

Untuk kondisi seperti ini—benjolan yang masih kecil—biasanya masih memungkinkan untuk diobati dengan salep.

Ketika sudah muncul benjolan seperti ini penderita akan merasakan gatal dan nyeri di bagian anus sehingga sangat tidak nyaman ketika duduk. Rasanya seperti ada yang mengganjal.

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat