Cara Bijak Menyikapi Kesalahan

Cara Bijak Menyikapi Kesalahan

Oleh Jumadi Subur, Motivator

Untuk bisa naik ke level yang lebih tinggi, manusia selalu mengalami peristiwa yang mengakibatkannya melakukan kesalahan. Untuk menuju kualitas lebih tinggi, manusia melakukan kesalahan demi kesalahan, seorang pelajar melakukan kesalahan dalam mengerjakan tes kenaikan kelas. Ahli fisika melakukan kesalahan untuk sebuah penemuan. Mahasiswa melakukan kesalahan sebelum berhasil menyelesaikan skripsinya. Seorang programmer melakukan kesalahan untuk menemukan program baru.

Ada kesalahan yang tidak membuat kita mati, biasanya kesalahan itu justru menguatkan. Kesalahan yang tidak mematikan selalu memberikan kesempatan kepada kita untuk terus memperbaiki diri. Dengan kesalahan, bisa jadi membuat diri kita lebih kuat, lebih cerdas, lebih lincah, lebih tekun bahkan memungkinkan kita lebih cepat beraksi menghadapi tantangan dan kesulitan. Pengalaman pernah salah membuat kita lebih sigap dan tangguh menghadapi kesulitan dengan kekuatan dan ketepatan yang lebih baik.

Seorang pemberani selalu siap menghadapi kesalahan demi kesalahan. Itulah risiko sebuah perjuangan. Karena itu kita harus menyiapkan diri untuk kemungkinan adanya kesulitan, masalah, dan kesalahan. Orang yang bekerja keras berarti orang yang siap bertemu kesalahan. Dia berbuat, maka peluang kesalahan pasti ada. Jika tidak melakukan apa-apa, baru mungkin tidak akan melakukan kesalahan apa pun.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat