fbpx

Beri Solusi Atasi Kekeringan, SOLOPEDULI akan Bangun Sumur Artesis

Beri Solusi Atasi Kekeringan, SOLOPEDULI akan Bangun Sumur Artesis
Seorang warga Dusun Ngasinan, Desa Garangan, Kec. Wonosamudro, Kab. Boyolali sedang menimba air di sumur yang sudah sangat sedikit airnya.i

SOLO, HADILA — Pada musim kemarau seperti sekarang ini, sejumlah warga di Boyolali, Wonogiri, dan daerah lain selalu kesulitan untuk memperoleh air bersih yang layak dikonsumsi. Selain harus berjalan sejauh 2 km, mereka bahkan terpaksa mengais air di sumur kecil di tengah sungai kering.

“Itu fakta dan fenomena yang terus berulang dan membuat trenyuh kami. Karenanya dalam waktu dekat ini kami akan membangun sumur artesis di Boyolali untuk memberi solusi mereka yang setiap tahun kesulitan memperoleh air bersih,” kata Direktur Program SOLOPEDULI, Hajito Saputro, kepada Hadila.co.id, Kamis (17/9/2020).

Menurut Harjito program pembuatan sumur artesis itu akan dimulai di Dusun Ngasinan, Desa Garangan, Kec. Wonosamudro, Kab. Boyolali. “Teman-teman beberapa waktu lalu sudah melakukan survei dan menyaksikan sendiri kawasan yang kekeringan. Besok (hari ini, Jumat, 18/9/2020) saya akan langsung ke sana untuk berdialog dengan warga sekaligus membahas realisasi pembuatan sumur artesis itu,” jelas Harjito.

Dari hasil survei yang dilakukan tim SOLOPEDULI, menurut Harjito, selain berjalan minimal 2 km untuk memperoleh air bersih mereka juga harus bergantian dan berbagi air dengan warga lain. Hal seperti ini hampir pasti dilakukan masyarakat desa setempat saat musim kemarau tiba.

“Untuk mengatasi hal itulah kami hadirkan Program Sumur Artesis sebagai solusi inovatif terhadap problematika kekeringan. Dengan program ini diharapkan akan memberikan solusi bagi permasalahan kekeringan dan ketersediaan air bersih untuk jangka panjang dengan konsep Pemberdayaan Masyarakat serta kemakmuran masjid,” jelas Harjito.

mulyanto
EDITOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat