Atasi Diare dengan Daun Jambu Biji

Atasi Diare dengan Daun Jambu Biji

Hadila.co.id — Diare adalah kehilangan cairan dan elektrolit secara berlebihan yang terjadi karena seringnya frekuensi buang air besar dengan bentuk tinja yang encer. Diare dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya; infeksi virus dan bakteri seperti (salmonela thypii, shigella disentriae), alergi makanan (susu, protein), iritasi langsung pada saluran pencernaan oleh makanan, obat-obatan (antibiotik), juga emosional (stres).

Tanda dan gejala diare antara lain; sering buang air besar dengan konsistensi tinja cair atau encer, terdapat tanda atau gejala kehilangan cairan tubuh berlebihan (ubun-ubun dan mata cekung, turgor, keram perut, demam, mual, muntah, tidak nafsu makan, lemah, pucat), perubahan tanda-tanda vital (nadi dan pernapasan cepat).

Diare apabila tidak segera ditangani dan mendapatkan pengobatan yang tepat, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Bahkan dapat berujung pada kematian. Penggunaan herbal daun jambu biji dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan bakteri penyebab diare.

Daun jambu biji mengandung komposisi metabolit sekunder yang sangat baik digunakan sebagai antioksidan seperti guanine, eugenol, quercetin, tannin 9-12%, minyak atsiri, dan asam malat. Kandungan quercetin sebagai antioksidan paling banyak terdapat pada daun jambu biji daripada buahnya. Penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak daun jambu biji berguna untuk membasmi bakteri atau mikroba penyebab diare.

Berikut resep nutrisi herbal daun jambu biji untuk mengatasi diare.

Bahan:

  • 200 gr anggur merah.
  • 200 gr jambu biji.
  • 100 gr bit.
  • 1 sdm madu.
  • 100 ml air daun jambu biji.

Cara membuat:

  1. Siapkan bahan dan cuci dengan air yang mengalir.
  2. Potong-potong anggur merah, jambu biji, dan bit.
  3. Blender bersama air daun jambu biji.
  4. Tuangkan ke dalam gelas, tambahkan madu.
  5. Aduk hingga merata, lalu siap dihidangkan
  6. Diminum sekali sehari hingga tubuh kembali sehat.

[Oleh: Ns. Budhi Purwanto, S.Kep.M.Kes.,CACH]

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat