Amal Spesial Hanya untuk Orang Kaya, Amal Apakah Itu?

Amal Spesial Hanya untuk Orang Kaya, Amal Apakah Itu?

Oleh Ustaz Fakhruddin Nursyam Lc (Pengasuh Ponpes Abi Ummi Boyolali)

وَإِن كَانَ ذُو عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ إِلَىٰ مَيْسَرَةٍ ۚ وَأَن تَصَدَّقُوا خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui”. (Q.S. Al Baqarah (2): 280)

Kilas Penjelasan

Pada masa jahiliah, orang-orang kaya menggunakan kekayaan mereka untuk mencekik leher orang-orang miskin dengan mengenakan bunga yang besar kepada siapapun yang berutang kepada mereka. Ketika orang yang berutang mengalami kesulitan, mereka tidak mau tahu. Mereka hanya berkata, “Besegeralah melunasi utangmu, atau kamu harus menambahkan bunga atas keterlambatanmu membayar utang.”

Karenanya, pada ayat di atas,  Allah Ta’ala memberikan arahan kepada orang kaya yang beriman untuk membantu orang-orang fakir dan miskin yang membutuhkan bantuan dengan memberikan pinjaman utang kepada mereka sampai batas waktu tertentu. Jika sampai batas waktu pelunasan utang, mereka belum mampu membayar, maka hendaklah ia  memberikan penangguhan kepada mereka sampai betul-betul mendapatkan kemudahan untuk mengembalikan utangnya. Bahkan Allah Ta’ala menganjurkan kepadanya untuk bersedekah kepada orang-orang yang kesulitan dengan membebaskan seluruh utangnya atau sebagian darinya agar ia mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat. (Mahasinut Ta’wil/2/230)

Kaya dan Berdayaguna

Dan jika (orang yang berutang itu) dalam kesukaran.” Statemen Allah pada ayat ini ditujukan hanya kepada orang-orang kaya yang berdayaguna dengan memberikan pinjaman utang kepada masyarakat miskin yang ada di sekitarnya. Hal ini mengisyaratkan  betapa mulianya orang kaya yang berdayaguna sehingga kepada mereka Allah Ta’ala mengkhususkan perintah yang sangat mulia ini.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat