9 Hal Penting dalam Mendidik Generasi Penegak Salat

9 Hal Penting dalam Mendidik Generasi Penegak Salat

Oleh: Dr. Hakimuddin Salim, Lc. MA. (Doktor Ushul Tarbiyah, Universitas Islam Madinah)

 

قال الله تعالى: وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا ۖ نَحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ (طه: ١٢٣)

 

“Dan perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki darimu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan kesudahan yang baik itu adalah bagi orang yang bertakwa.” (Q.S. Thaha: 132).

Imam Al-Qurthubi berkata terkait ayat di atas, “Allah memerintahkan Nabi untuk menyeru keluarganya menegakkan salat dan menunaikannya bersama mereka, bersabar dan komitmen dengannya. Seruan ini ditujukan kepada Nabi, secara umum mencakup semua umatnya dan secara khusus untuk keluarganya.” (Al-Jâmi’ li Ahkâmil Qur’ân: 11/263).

Pada ayat di atas meski yang menjadi objek perintah adalah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam, tetapi juga berlaku atas seluruh umatnya. Karena para ulama sepakat bahwa apa-apa yang diperintahkan kepada Beliau, secara otomatis juga diperintahkan kepada umatnya, kecuali jika ada dalil yang menunjukkan pengkhususan.

Selain oleh Rasulullah, perhatian untuk mendidik anak agar menegakkan salat ini juga diteladankan oleh figur-figur orang tua terbaik yang lain di dalam Al-Qur’an, seperti Nabi Ismail (Q.S. Maryam: 55) dan Luqman Al-Hakim (Q.S. Luqmân: 17).

Mengapa salat menjadi kurikulum terpenting dalam pendidikan anak kita? Karena salat adalah rukun dan tiang agama mereka semua.  Barang siapa yang menegakkannya, maka ia telah menegakkan agama.

Salat juga merupakan barometer baiknya amalan yang lain. Rasulullah bersabda, “Yang pertama kali dihisab dari seorang hamba di hari kiamat adalah salatnya. Jika salatnya baik, maka baiklah semua  amalannya. Jika salatnya rusak, maka rusaklah semua amalannya.” (H.R. Nasa’i).

Salat juga lah yang akan menjadi pagar penjaga anak kita dari perbuatan keji dan munkar, yang hari ini begitu merajalela dimana-mana, bahkan mulai dianggap biasa. Allah Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya salat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar” (Q.S. Al-‘Ankabut: ).

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat