4 Tangga Bisnis Menuju Sukses

4 Tangga Bisnis Menuju Sukses

SUKOHARJO – Seorang pebisnis harus melewati 4 tangga bisnis untuk meraih kesuksesan. Pertama, selling (penjualan). Seorang pebisnis dituntut untuk fokus terlebih dahulu pada produk yang akan dijual, apa produknya, dan bagaimana nanti menjualnya. Kedua, profiting (tingkat keuntungan), seorang pembisnis dituntut untuk fokus pada upaya menaikan keuntungan. Harus ada target-target tertentu dalam usahanya. Tangga bisnis ketiga,

SUKOHARJO – Seorang pebisnis harus melewati 4 tangga bisnis untuk meraih kesuksesan. Pertama, selling (penjualan). Seorang pebisnis dituntut untuk fokus terlebih dahulu pada produk yang akan dijual, apa produknya, dan bagaimana nanti menjualnya. Kedua, profiting (tingkat keuntungan), seorang pembisnis dituntut untuk fokus pada upaya menaikan keuntungan. Harus ada target-target tertentu dalam usahanya.

Tangga bisnis ketiga, harus punya SOP. Ketika penjualan sudah bagus dan keuntungan meningkat, maka seorang pebisnis dituntut untuk mempunyai SOP, atau sistem peraturan dalam usahanya agar usahanya bisa berjalan dengan sistematis. Keempat,punya usaha lain. Ketika usaha yang pertama sudah bagus dari segi penjualan, omzet dan SOP maka seorang pebisnis sebaiknya bisa memulai usaha lain. Usaha yang berbeda dengan sebelumnya atau berinovasi dengan bisnis yang lain.

Hal itu disampaikan Ryo Juara, salah satu pembicara Seminar Kewirausahaan  yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Islam (HMJ MBS) di Auditorium IAIN Surakarta, Senin (22/10).

Ryo mengungkapkan dulu ketika masih kuliah, dia memulai bisnis dengan berjualan di kos. Kemudian jualan di area kampus dan luar kampus. “Saat itu untuk modalnya saya masih pinjam sana sini,” ujar Ryo.

Wakil Dekan 3 FEBI (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam), Dr. Awan Kostrad Diharto, S. E, M. Ag., menerangkan menjadi seorang wirausahawan tidaklah mudah. “Perlu sabar dan tidak lekas emosi,” ujarnya.

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat