Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Secara Islami

Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Secara Islami

Hadila.co.id — Membangun mahligai rumah tangga tentu menjadi impian hampir semua orang di dunia. Indahnya cinta akan lebih sempurna jika disematkan dalam bahtera perkawinan. Namun, terkadang hal yang diharapkan memang tak selalu sesuai rencana. Ini tentu harus disadari semua orang, termasuk orang yang membangun biduk rumah tangga.

Setiap yang sudah maupun yang akan berumah tangga, pasti ingin memiliki kehidupan rumah tangga yang harmonis. Tidak hanya untuk 5 atau 10 tahun, tetapi seumur hidup. Namun, sebagaimana yang diungkapkan di atas, harapan tak selalu sesuai rencana. Tak jarang, ada halang rintangan yang turut mewarnai rumah tangga.

Cekcok dan permasalahan kecil atau besar tidak jarang akan menerpa sebuah hubungan yang sudah lama terjalin. Adanya selisih paham tentu menjadi hal yang normal, karena pasangan juga seorang manusia yang memiliki sifat bosan, marah, salah, dan sebagainya. Berumah tangga artinya terdapat dua kepala (suami dan istri), maka keduanyalah yang bisa menjaga keharmonisan keluarga.

Tujuan pernikahan dalam Islam adalah untuk mencapai rida Ilahi agar selalu berada di jalan yang lurus menuju surga-Nya. Oleh karena itu, ada baiknya bagi Anda yang hendak mempersiapkan hubungan ke jenjang perkawinan mengetahui bagaimana cara membuat rumah tangga agar selalu harmonis. Inilah beberapa tips menjaga keharmonisan rumah tangga secara islami.

Perlakuan Baik Suami dan Ketaatan Istri

Suami wajib memerlakukan istri dengan baik, bersikap lapang dada, serta sabar menghadapi istri sesuai yang dianjurkan dalam syariat. Sementara kewajiban istri adalah mentaati perintah suami (selama perintah itu dalam hal kebaikan).

Saling Memahami

Latar belakang maupun lingkungan tempat pasangan tumbuh mungkin berbeda dengan diri sendiri. Sebagai suami/istri yang baik hendaknya dapat mengerti bahwa hal tersebut tidak seharusnya memengaruhi perilaku atau interaksi dalam kehidupan rumah tangga, apalagi sampai memengaruhi proses pengambilan keputusan untuk suatu tindakan. Kewajiban bagi suami/istri untuk memahami keadaan yang demikian demi mencapai keselarasan dalam berumah tangga.

Saling Menghormati

Tiap individu merasa perlu untuk dihormati dan dihargai, termasuk bagi pasangan suami-istri. Istri wajib untuk taat dan mematuhi suami, dengan kata lain dia juga harus menghormati suami selaku kepala keluarga. Begitu pula dengan suami harus menghormati istri, sehingga tercipta rasa saling menghargai satu sama lain.

Jujur

Dalam kehidupan rumah tangga tidaklah luput dari perbedaan pendapat dan ketidaksinambungan pada berbagai hal. Untuk mengatasinya, satu sama lain harus bisa bersikap terbuka dan jujur akan apa yang dipikirkan dan hendak dilakukan. Kejujuran merupakan pondasi penting dalam membangun rasa kepercayaan.

Sulit untuk memahami pasangan jika tidak ada rasa kepercayaan di antara keduanya. Jika suami atau istri melakukan kesalahan, janganlah sungkan untuk terlebih dahulu meminta maaf. Keberanian dalam mengakui kesalahan tentu akan meningkatkan rasa percaya oleh pasangan.

Menyenangkan Pasangan

Ada berbagai cara untuk menyenangkan pasangan. Misalnya suami memberi apresiasi saat istri berdandan cantik (yang memang seharusnya dilakukan hanya untuk suami) atau saat istri memasak makanan kesukaan suami, pun sebaliknya. Sejatinya setiap manusia senang terhadap pujian, sehingga jika dalam kehidupan rumah tangga suami-istri bersama-sama saling menyenangkan pasangan, tentu biduk rumah tangga tersebut mampu menjadi keluarga yang harmonis.

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat