Tips Hindari Gangguan Jin di Rumah

Tips Hindari Gangguan Jin di Rumah

Asalamualaikum Ustazah, Saya pernah dapat materi kalau jin bisa menyerupai manusia, benarkah demikian? Apakah saat menyerupai manusia, jin bisa kontak fisik juga dengan manusia? Bagaimana caranya agar rumah yang kita tempati tidak ada jin yang mengganggu? Selama ini saya rutin tilawah, tapi kadang di rumah beberapa kali kejadian janggal. Sanyo yang hidup mati sendiri,  pernah tiba tiba ada kelebat orang lewat. (Ika, Sukoharjo)

Konsultan: Ustazah Nursilaturahmah L.c. (Dosen ma’had Abu Bakar)

 Wa’alaikumussalaam warahmatullahi wabarakaatuh. Saudari Ika di Sukoharjo yang dimuliakan Allah. Di alam semesta ini Allah Swt menciptakan berbagai macam makhluk; ada yang terlihat seperti manusia, binatang, dan yang lain sebagainya, ada pula yang tak terlihat oleh kedua mata kita misalnya, malaikat, jin, dan lainnya.  Semua itu diciptakan oleh Allah untuk menyembah-Nya. Hal ini sebagaimana termaktub dalam Surah Adz-Dzariyat ayat 56. Namun kita semua tahu bahwa jin dan manusia, tidaklah sama dengan malaikat. Allah menciptakan malaikat sebagai makhluk yang senantiasa taat kepada Allah Swt, dan tidak akan sekalipun mendurhakai Allah dan bermaksiat kepada-NYa. Hal ini sangatlah berbeda dengan keadaan jin dan manusia, dimana keduanya diciptakan oleh Allah dengan sifat yang baik juga yang buruk. Sehingga tak jarang satu sama lain ada kemungkinan untuk saling mengganggu. Lantas apakah benar bahwa jin bisa menyerupai manusia?

Dalam beberapa riwayat dikisahkan bahwa, ketika Abu Hurairah Ra ditugaskan oleh Rasulullah Saw untuk menjaga makanan zakat, malam harinya ada jin yang berubah wujud menjadi seorang remaja dan mencuri. Ketika ditangkap dan hendak dilaporkan kepada Nabi Saw, ia berusaha memelas dan berjanji tidak akan kembali. Tapi dia dusta, dia tetap kembali, hingga terjadi selama tiga malam. Di malam ketiga, Abu Hurairah tidak memberi ampun dan akan melaporkannya kepada Rasulullah Saw. Akan tetapi jin itu memberitahukan kepadanya tentang bagaimana cara menaklukkan jin, yaitu dengan membaca ayat kursi. Setelah itu Abu Hurairah melepaskannya. Pagi harinya, kejadian ini beliau sampaikan kepada Rasulullah, lalu beliau bersabda, “Kali ini yang dikatakannya adalah benar, meskipun aslinya dia pendusta.” (H.R. Bukhari no. 2311).

Dalam riwayat lain juga disebutkan bahwa pada saat perang Badar pernah datang jin dalam bentuk Suraqah bin Malik. Kaum musyrikin pun dijanjikan kemenangan olehnya. Lantas turun firman Allah Swt Surah Al-Anfaal: 48. “Namun ketika dua pasukan berhadapan dan datang pula pertolongan malaikat dari langit, setan tersebut pun lari.” (tafsir Ibnu Katsir juz 4: 216-21).

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat