fbpx

Syarat-syarat Diterimanya Syahadatain (Bagian 3)

Syarat-syarat Diterimanya Syahadatain (Bagian 3)

Syahadatain bukanlah sekadar ucapan manis di bibir tanpa amal dalam realita kehidupan sehari-hari. Iman bukanlah pepesan kosong dan janji tanpa bukti. Syahadatain baru akan memiliki bobotnya jika semua syaratnya dipenuhi. Syarat-syarat diterimanya dua kalimat syahadat merupakan pembuktian janji kita kepada Allah Swt lewat syahadat yang kita ucapkan.

Para ulama mengatakan bahwa syarat diterimanya syahadatain ada tujuh yaitu; ilmu, keyakinan, ketundukan, penerimaan secara total, ikhlas, kejujuran, dan cinta. Berikut, syarat berikutnya:

 

Lima; cinta yang menolak kebencian

Ibnu Taymiyyah Ra menyatakan bahwa agama ini hanyalah cinta dan benci. Cinta kepada keimanan dan benci dengan kekufuran. Cinta kepada ketaatan dan amal salih dan benci kepada maksiat dan kerusakan. Cinta kepada Allah dan Rasul-Nya dan benci kepada thagut dan pengikutnya. Cinta kepada manusia yang mencintai Allah dan Rasul-Nya dan membenci semua manusia yang menjadi musuh Allah dan Rasul-Nya.

Allah Swt berfirman: Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. [Q. S. Al Baqarah (2): 165]

Maka, tatkala Umar bin Khattab berkata kepada Rasulullah Saw bahwa beliau adalah orang paling dia cintai, seperti dia mencintai dirinya sendiri, Rasulullah Saw pun berkata: “Tidak wahai Umar! Tidak akan sempurna imanmu hingga engkau mencintaiku melebihi dirimu sendiri.”

Maka kelak ketika Nabi Saw wafat, Umar hampir tidak percaya. Dia kalap dan kalut, hampir tak mampu menguasai dirinya. Dia bahkan mengancam akan membunuh siapapun yang berkata bahwa Nabi Saw telah wafat. Hingga Abu Bakar menenangkan dan mengingatkannya dengan Alquran Surah Ali Imran ayat 144. Hal ini terjadi karena ia benar-benar mencintai beliau melebihi dirinya. Bukan karena Umar menolak kepastian kematian.

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat