fbpx

Punya 5 Anak Cantik-Cantik, Tetapi Merasa Tak kuat

Punya 5 Anak Cantik-Cantik, Tetapi Merasa Tak kuat

Hadila.co.id – Assalamu’alaikum. Saya mempunyai anak 5 yang cantik-cantik, Bu. Jalan apa agar saya mampu dan kuat menjadikan mereka anak yang sukses di dunia dan di akhirat. Tolong dijawab, saya merasa tidak kuat. (082324767xxx)

Wa’alaikumsalam Wr. Wb

Subhanallah, Bunda memiliki 5 anak perempuan yang cantik-cantik. Sungguh merupakan karunia Allah Swt yang harus disyukuri. Karena dengan sarana merekalah Bunda bisa masuk surga.

Rasulullah Saw bersabda: “Siapa yang memiliki 3 anak perempuan, lalu dia bersabar, memberinya makan, minum, dan pakaian dari hasil usahanya, maka semuanya akan menjadi tameng dari neraka pada hari kiamat. [H.R. Ahmad 17403, Ibnu Majah 3669, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth]

Maka, siapkan diri dengan ilmu mumpuni agar janji Allah Swt tersebut dapat Bunda raih. Ubahlah pola pikir Bunda. Punya 5 anak perempuan adalah kesempatan meraih surga. Kesempatan sudah di tangan, tinggal melangkah.

Pertama, berikan pendidikan agama yang baik kepada mereka. Ajak mereka salat berjamaah di rumah. Ajak ya, Bun, bukan menyuruh. Bunda yang jadi imam mereka. Lakukan ini setiap hari dan tunggu hasilnya dalam sebulan pasti terlihat. Mereka akan jadi anak yang salihah dan nurut sama orangtuanya. Ajarkan menutup aurat dengan baik. Berikan contoh, Bun. Anak-anak akan mudah di arahkan bila sudah diberi contoh. Pakaian menjadi hal yang penting diajarkan bagi anak perempuan. Pakaian syari dengan baju longgar, tebal dan tidak ditujukan untuk menarik perhatian laki-laki. Didiklah mereka menjadi wanita yang bisa menjaga kecantikannya. Ajak diskusi cara menjadi wanita mulia, yang tidak suka memamerkan kecantikannya. Ajarkan sifat malu. Malu bila kecantikannya dinikmati laki-laki non muhrim. Selanjutnya ajarkan cara berbicara yang baik dan sopan. Karena hal inilah yang bisa menjaga kehormatan wanita selain dari menutup aurat.

Kedua, jadilah sahabat mereka. Jadikan Bunda adalah ibu yang gaul dan mengerti dunia mereka. Ini sarana yang sangat efektif untuk mendidik mereka. Jadi, kita tidak hanya berteriak menyuruh dan melarang. Tetapi seperti sahabat..penuh canda. Hasilnya, mereka disuruh juga enteng, di larang juga nurut. Tentu 5 anak ini punya karakter masing-masing. Pahamilah satu persatu. Ikuti karakter mereka. Perhatikan cara berbicara kita, cara menegur kita, cara kita mengarahkan mereka. Semua harus dengan ilmu.

Harus belajar dan terus belajar cara mendidik anak yang tepat sesuai karakternya. Untuk itu, Bunda harus semangat. Bunda pasti bisa. Selamat berjuang Bun, surga menanti.< Dimuat di Majalah Hadila Edisi September 2016, Rubrik diasuh Ustazah farida Nur’aini>

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat