Pengin Selamat Dunia Akhirat? Miliki 4 Benteng

Pengin Selamat Dunia Akhirat? Miliki 4 Benteng

Hadila.co.id — Seorang mukmin hendaknya memiliki empat benteng dalam kehidupannya. Dengan senantiasa menjaga empat benteng tersebut, insya Allah seorang muslim akan selamat dunia akhirat. Hal itu disampaikan Pemimpin Pondok Pesantren Isy Karima, Karanganyar, Ustaz Sihabudin saat mengisi kajian di Masjid Istiqlal, Sumber, Solo, Minggu (30/7). Apakah keempat benteng itu?

Pertama, iman. Seorang muslim harus senantiasa menjaga nikmat iman yang telah dikaruniakan kepadanya. Caranya dengan menjalankan berbagai amal ibadah agar iman yang bersemayam di hati, senantiasa bersinar menerangi hati. Seseorang yang imannya kuat, hatinya akan kuat. Sebaliknya seseorang yang imannya lemah, hatinya rapuh.

Kedua, ilmu. Seorang muslim sangat dianjurkan untuk terus belajar menuntut ilmu. Bukan hanya ilmu agama, tapi juga ilmu-ilmu lainnya yang bermanfaat untuk kehidupan meraih kebahagiaan dunia akhirat. Misalnya ilmu komunikasi, keuangan, keluarga dan pendidikan anak.

Ketiga, syariat. Islam hadir dengan berbagai aturan yang ditetapkan Allah swt untuk manusia. Aturan itulah yang disebut syariat. Seorang muslim harus mengusahakan agar hidupnya sesuai syariat Islam. Misalnya syariat bagi seorang muslimah untuk berjilbab. Jika syariat dilanggar, yang terjadi adalah kehancuran.

Keempat, lingkungan/komunitas. Keimanan seseorang akan lebih terjaga ketika orang tersebut berada dalam lingkungan atau komunitas orang-orang saleh. Bagaimana karakter lingkungan biasanya turut mempengaruhi perilaku seseorang.

Ustaz Sihabudin juga menekankan pentingnya aktivitas pikir dan zikir bagi seorang muslim. Setiap saat, dua aktivitas itu harus dilakukan agar tidak salah melangkah. <Eni Widiastuti>

Admin Hadila
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat