Pentingnya Mengobrol Ringan Bersama Pasangan

Pentingnya Mengobrol Ringan Bersama Pasangan

Oleh : Cahyadi Takariawan (Konselor Nasional dari Jogja Family Center)

Komunikasi suami istri merupakan kunci keharmonisan dan kebahagiaan keluarga. Mengobrol merupakan salah satu cara untuk melakukan komunikasi yang berkualitas antara suami dan istri, di tengah berbagai kesibukan urusan masing-masing pihak.

Mengobrol adalah aktivitas yang tampak remeh, padahal sangat banyak manfaat dari sebuah obrolan ringan. Sangat disayangkan, justru banyak pasangan suami istri yang cenderung mengabaikan aktivitas mengobrol ini. Mereka menganggap tidak penting untuk selalu berkomunikasi dengan pasangan, karena disibukkan oleh pekerjaan dan berbagai urusan lain. Apalagi di zaman sekarang, seiring perkembangan teknologi, obrolan ringan telah banyak digantikan oleh komunikasi melalui teknologi komunikasi. Orang enggan bicara, maunya menulis WhatsApp, atau chatting melalui media sosial saja.

Jika menghendaki kualitas hubungan yang baik, jangan biarkan komunikasi Anda dan pasangan terkendala karena hal ini akan berdampak panjang dalam kehidupan Anda. Sesibuk apa pun itu, Anda harus menyempatkan mengobrol dan mendengarkan keluh kesah pasangan.

Sering kali, ketika mengobrol atau menyampaikan curhat kepada pasangan, sepertinya tidak mendapat respons atau tanggapan yang positif. Hal seperti ini terjadi lebih banyak disebabkan oleh karena ketidaktepatan dalam membangun komunikasi.

Tips Mengobrol dengan Pasangan

Supaya, komunikasi dengan pasangan bisa berjalan lancar, berikut beberapa tips ringan untuk memulai pembicaraan dengan pasangan.

Pertama, lapangkan hati dan perasaan. Jangan mengobrol dengan pasangan saat hati sedang emosi, atau perasaan sedang marah karena hal itu akan menimbulkan banyak kesalahpahaman. Pastikan hati Anda dalam keadaan nyaman dan lapang, tidak sedang meledak-ledak emosinya. Komunikasi tidak akan efektif jika dilakukan dalam suasana hati dan perasaan yang kalut, tidak lapang, dan penuh kemarahan.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat