fbpx

Kajian KIBAR Inggris, Din Tekankan Persaudaraan di Tahun Politik

Kajian KIBAR Inggris, Din Tekankan Persaudaraan di Tahun Politik

Hadila.co.id — Ratusan warga Muslim Indonesia se-Inggris raya berkumpul dalam pengajian dan silaturahim tahunan di Leeds, Inggris, 26 Januari 2019. Dalam pengajian yang digelar oleh Komunitas Islam Indonesia di Britania Raya (KIBAR) tersebut, hadir sebagai pembicara Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat, Din Syamsuddin.

Dalam ceramahnya, Din mengajak warga Muslim Indonesia agar terus merawat persaudaraan dan bisa menjadi Muslim yang teguh dalam prinsip sekaligus memiliki toleransi terhadap perbedaan, terlebih di tahun politik ini.

Din Syamsuddin menyampaikan konsep Wasathiyatul Islam, atau Islam jalan tengah. Dia menjelaskan jika Allah menegaskan umat Islam adalah ummatan wasathan, umat pertengahan

Menurut Din, para ulama menyebutkan 7 kriteria Islam jalan tengah: menegakkan keadilan, keseimbangan, toleransi, musyawarah, melakukan kerja-kerja kebaikan, menjadi pelopor, dan membela negeri.

Toleransi berarti menerima kemajemukan, walaupun bukan berarti meninggalkan prinsip-prinsip keislaman dan keimanan. Din menilai, konsep Islam jalan tengah ini sesungguhnya sesuai dengan dasar negara kita, Pancasila.

“Oleh karena itu, pengamalan nilai-nilai Pancasila dan Islam jalan tengah bisa menjadi resep untuk mewujudkan kerukunan, bukan saja di internal umat Islam, tapi juga antar umat beragama di Indonesia,” ujar dia.

Hafidz Muftisany
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat