Gatal di Kemaluan pada Anak, Apa Sebabnya?

Gatal di Kemaluan pada Anak, Apa Sebabnya?
Anak perempuan Ilustrasi (pixabay.com)

Assalamu’alaikum. Dokter, beberapa hari ini anak perempuan saya (3 th) mengalami gatal di kemaluan pada anak. Ketika saya lihat bagian itu tampak memerah dan dia merasa gatal.

Kira-kira saya harus bagaimana untuk memberi pertolongan kepada anak saya ketika dia merasa gatal? Apakah itu gejala keputihan, karena selain memerah bagian itu juga menimbulkan bau yang agak asam.
[email protected])

Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

Dari yang ibu ceritakan, ada beberapa kemungkinan. Pertama, bisa jadi karena infeksi jamur, karena daerah tersebut memang lembap. Tanda-tanda jika penyebabnya jamur adalah daerah tersebut merah-merah di bagian tepi. Kemudian anak akan lebih sering mengeluh gatal ketika cuaca panas, berkeringat dan gerah.

Kedua, gatal di kemaluan pada anak bisa jadi karena ruam popok. Terasa gatal di kulit yang tertutup popok (sekitar kelamin, pantat, paha, dan selangkangan). Kulit akan merah-merah, mruntus (kadang seperti jerawat atau bisul).

Jika terus digaruk biasanya bisa muncul luka lecet. Ruam popok ini akibat dari pemakaian popok sekali pakai (diaper) yang terlalu lama sehingga terjadi infeksi. Ada kemungkinan juga anak alergi terhadap bahannya.

Diaper biasanya jadi pilihan ketika membawa anak bepergian karena praktis. Namun karena diaper tersebut fungsinya menampung pipis dan BAB anak, disitu ada bakterinya yang jika bersinggungan lama dengan kulit menyebabkan infeksi.

Selain itu, ukuran diaper yang kekecilan juga dapat mengakibatkan banyak gesekan pada kulit yang memicu infeksi.

Pencegahannya adalah dengan meminimalkan penggunaan diaper. Misal jika terpaksa harus menggunakan –seperti ketika bepergian– pilihlah diaper berbahan lembut, tidak mengandung alkohol dan pewangi.

Jika memungkinkan pilihlah diaper yang bisa dicuci (cloth diaper). Karena bahan kain, lebih lembut dan lebih kecil risikonya terkena alergi dibandingkan dengan diaper pada umumnya.

Diaper harus diganti secara berkala. Ketika anak pipis, tidak harus segera diganti tidak apa-apa. Namun ketika sudah BAB harus segera diganti.

Sebelumnya dibersihkan dahulu dengan air, dikeringkan baru dipakaikan yang baru. Karena jika masih lembab menambah ruam. Biarkan kering dahulu namun tidak perlu bedak.

Untuk penanganan gatal di kemaluan pada anak yang lebih tepat sebaiknya diperiksakan dahulu agar dokter agar bisa dilihat secara langsung dari gejala yang timbul, untuk memastikan penanganan yang tepat.<dr Artati Fikriyanti>

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos