Desain Universal, Konsep dan Prinsip Terbaik untuk Pembangunan Kota Inklusi

Desain Universal, Konsep dan Prinsip Terbaik untuk Pembangunan Kota Inklusi

SOLO, HADILA– Desain universal (universal design) menjadi konsep dan prinsip terbaik untuk dilaksanakan dalam tujuan pembangunan berkelanjutan guna mewujudkan kota inklusi.

Hal itu mengemuka dalam salah satu panel diskusi Social Urban Forum (SUF) yang diselenggarakan di Kompleks Lokananta, Solo, Sabtu-Minggu (15-16/12/2018).

Dalam sesi diskusi panel bertema Penanggulangan Kemiskinan melalui Pembangunan Inklusi yang dipandu Abi Marutama itu, tampil Tio Tegar Wicaksana (difabel netra), Marthella Rivera Roidatua (staf ahli Bappenas), Bisma (difabel tuli), dan Didik Yudianto dari Ohana Yogyakarta.

Social Urban Forum adalah forum untuk berbagai organisasi masyarakat sipil, pemerintah kota, anggota komunitas, dan aktivis sosial, serta mahasiswa dari seluruh Indonesia berbagi pengalaman, menambah pengetahuan, dan berjejaring dengan sesama pegiat isu perkotaan.

Melalui berbagai jenis tema panel, peserta diharapkan dapat belajar, berbagi, dan menyebarluaskan ide serta pengalaman aktivisme dan advokasi mereka, sehingga terus menginspirasi perubahan yang transformatif untuk kehidupan perkotaan di Indonesia yang lebih inklusif dan berkeadilan social.

Keempat nara sumber sepakat bahwa kemiskinan berkorelasi erat dengan disabilitas ketika struktur dan infrastruktur pembangunan mengabaikan prinsip-prinsip universal design.

mulyanto
EDITOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat