Demonstran Geruduk Kedubes China, Massa Minta  Pelanggaran HAM atas Etnis Uighur Dihentikan

Demonstran Geruduk Kedubes China, Massa Minta  Pelanggaran HAM atas Etnis Uighur Dihentikan

JAKARTA, HADILA — Massa aksi solidaritas untuk Uighur dari berbagai elemen masyarakat berkumpul di depan Kedutaan Besar China di Jakarta, di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (21/12/2018) siang.

Seperti dilansir Kator Berita Antara, sejak selepas salat Jumat hingga pukul 13:30 WIB, massa yang awalnya terkonsentrasi Salat di Masjid Al Istiqomah di tempat yang dekat dengan lokasi, langsung bergerak ke depan kedutaan besar itu dan berkumpul dengan kelompok-kelompok lain yang juga datang.

Beberapa peserta membawa atribut berupa bendera bertuliskan kalimat tauhid, bendera Merah Putih, hingga bendera raksasa bergambar penceramah Habib Bahar bin Smith yang tengah menjadi tersangka kasus penganiayaan anak, di Polda Jawa Barat.

Sesekali terdengar teriakan takbir dan nyanyian-nyanyian pendorong semangat massa. “Mari kita satukan dan rapatkan barisan demi kaum muslimin Uighur yang tengah mendapat musibah di China dan kita juga harus jaga ketertiban, buktikan bahwa muslim itu tidak anarkis,” kata suara dari mobil komando.

Sekitar pukul 13:45 WIB massa baru akan memulai orasinya di depan gedung kedutaan yang sudah dikelilingi kawat berduri dan dijaga petugas keamanan gabungan.

Sementara itu, Kedutaan Besar China di Jakarta tidak menyelenggarakan pelayanan publik karena sengaja diliburkan akibat aksi massa aksi yang juga disebut aksi 2112 hari ini.

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama, Muhamad Yusuf Martak, mewakili massa aksi bela damai menuntut agar pelanggaran HAM yang diduga menimpa muslim Uighur agar dihentikan.

“Dihentikan, jangan diteruskan karena sangat melanggar HAM. Itu manusia, tidak bisa dibunuh, disiksa dengan cara-cara yang sadis,” ujar dia, di depan Gedung Kedutaan Besar China di Jakarta, Jumat.

Beberapa ruas jalan di kawasan Mega Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, khususnya di depan apartemen Oakwood dipadati kendaraan roda dua dan empat selama aksi bela Uighur berlangsung depan Kedutaan Besar China pada Jumat siang. (***)

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos