Hilangkan Bau Badan dengan Jus Beluntas

Hilangkan Bau Badan dengan Jus Beluntas

Tubuh mengeluarkan keringat sebagai cara membuang zat sisa metabolisme dan mengatur suhu tubuh. Pengeluaran keringat merupakan hal yang wajar, apalagi saat seseorang sedang memasuki masa pubertas atau setelah melakukan aktivitas. Yang menjadi masalah adalah ketika keringat dapat menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Saat keringat ada di permukaan kulit, bakteri yang ada di kulit berkembang biak dengan menguraikan urea yang ada di keringat dan mengeluarkan bau tidak sedap. Proses penguraian inilah yang menyebabkan bau tidak sedap.

Untuk mengurangi bau badan digunakan deodorant atau anti-perspirant. Deodorant bekerja dengan menyamarkan bau badan. Anti-perspirant bekerja dengan menghambat pengeluaran keringat dengan menutup pori pori kulit.  Hal ini dapat menyebabkan keringat terjebak di dalam tubuh dan memicu penyakit lain. Cara yang lebih aman adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Beluntas adalah salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bau badan. Beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut.

Daun beluntas mengandung alkaloid, tannin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flafonoida, magnesium, dan fosfor. Sedangkan akarnya mengandung flafonoida dan tannin. Daun beluntas berbau khas aromatis, rasanya getir dan menyegarkan, berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, membantu melancarkan pencernaan, meluruhkan keringat, menghilangkan bau badan dan bau mulut, meredakan demam, nyeri tulang, sakit pinggang, dan keputihan. Sedangkan akar beluntas berkhasiat sebagai peluruh keringat dan penyejuk. Daun beluntas juga dapat dikonsumsi sebagai lalaban atau dikukus. Kadar minyak atsiri daun beluntas 5% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, sedangkan pada kadar 20% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherechia coli.

Untuk membuat jus herba beluntas kita membutuhkan bahan-bahan seperti: 100 gr buah delima; 15 gr kulit buah delima; 15 gr kunyit; 5 gr daun beluntas; 5gr jahe merah; 2 sendok makan madu; dan air matang secukunya.

Langkah pertama adalah mencuci bahan dengan air bersih mengalir,  selanjutnya memotong bahan (delima, kulit delima, kunyit, daun beluntas, dan jahe), lalu merebus bahan (delima, kulit delima, kunyit, jahe) dengan 1,5 gelas air matang hingga tersisa setengahnya. Selanjutnya masukkan air rebusan dan semua bahan ke dalam blender dan giling hingga halus, tuangkan ke dalam gelas, jus siap dinikmati. <>

 

Oleh: Budhi Purwanto, S.Kep, Ners, M.Kes.

 

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos