5 Kesalahan Mengolah Sayuran yang Harus Dihindari

5 Kesalahan Mengolah Sayuran yang Harus Dihindari

Hadila.co.id — Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang dilakukan oleh sebagian orang saat mengolah sayuran. Padahal, kesalahan tersebut justru akan membuat sayuran menjadi berkurang kandungannya. Oleh sebab itu, Sahabat perlu mengetahui beberapa kesalahan mengolah sayuran berikut ini, agar tidak melakukannya lagi.

Menyimpan Sayuran di Kulkas

Saat ingin menyimpan sayur ke dalam kulkas, sebaiknya Sahabat tidak mencucinya. Sebab jika dicuci dapat membuat bakteri lekas berkembang biak sehingga cepat busuk. Namun, jika ingin mencuci sayuran karena terlalu kotor, Sahabat bisa mengeringkan sayuran terlebih dahulu sampai benar-benar kering. Setelah itu simpan dalam wadah yang tidak tertutup rapat agar tidak terjadi kelembaban udara.

Memotong Sayuran Untuk Beberapa Hari

Memotong sayuran dapat dilakukan maksimal 1-2 hari sebelum dimasak. Sebab saat sayur sudah terpotong, permukaan yang sudah terbuka menjadikan sayuran terpapar udara. Sehingga kualitas kesegarannya menjadi berkurang.

Jika sudah terlanjur dipotong, simpan di wadah yang memiliki rongga udara yang cukup. Sebaiknya Sahabat juga membeli sayuran yang masih utuh atau tidak terpotong langsung dari toko.

Membeli sayuran terlalu banyak

Ketika Sahabat berbelanja sayuran, sebaiknya merencanakan bahan yang ingin digunakan memasak dalam jangka maksimal 1-7 hari. Sebab setiap sayuran memiliki batas kesegaran masing-masing.

Sayuran yang mulai rusak dalam jangka 1-2 hari misalnya jamur, jagung, brokoli, dan sebagainya. Tomat, daun bawang, dan paprika cukup mampu bertahan dalam penyimpanan hingga 7 hari.

Membersihkan Sayuran Yang Kotor

Beberapa sayuran yang sudah dipotong namun tidak lekas dimasak sehingga menimbulkan bekas warna cokelat. Sayuran ini seperti kentang, ubi, dan talas. Sahabat bisa memperlambat proses oksidasi dengan mencelupkan ke dalam larutan lemon dan air.

Tak Perlu Mengupas

Kadang, Sahabat tak perlu mengupas beberapa jenis sayuran saat saat hendak memasak. Hal ini dikarenakan kulit pada sayuran memiliki nutrisi yang barangkali jarang kita ketahui.

Seperti pada kulit wortel yang kaya nutrisi; kulit terong yang mengandung antioksidan; kulit kentang yang kaya mineral; kulit mentimun yang kaya akan serat; dan masih banyak lagi.

Barangkali Sahabat Hadila perlu mencobanya di rumah. Pastikan Sahabat tidak lagi melakukan kesalahan mengolah sayuran. Semoga bermanfaat. <Fitria Julestri>

Sumber: diolah dari food.detik.com
Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat