Tips Puasa untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

Tips Puasa untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

Konsumsi Air Putih

Menjaga asupan cairan yang masuk dalam tubuh juga penting untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Asupan air putih yang cukup dapat menormalkan tekanan darah kita.

Selain dapat menormalkan tekanan darah kita, asupan mineral yang cukup juga dapat menghindarkan diri kita dari kemungkinan kekurangan cairan (dehidrasi).

Ada baiknya kita meminum 6-8 gelas air putih setiap harinya. kita bisa memaksimalkan waktu seperti berbuka, selesai salat tarawih, saat makan, sebelum tidur, bangun tidur, saat sahur dan beberapa menit menjelang adzan subuh untuk meminum air putih.

5 Trik Jitu agar Anak Semangat Puasa

Tetap Beraktivitas dan Berolahraga

Olahraga rutin atau kegiatan fisik yang ringan juga dapat membantu Anda untuk menjaga tekanan darah selama berpuasa.

Tidak perlu melakukan olahraga atau aktifitas fisik yang berat. Cukup melakukan olahraga ringan dan aktifitas ringan seperti jalan kaki, jogging, menyapu rumah, dll.

Hasil Puasa adalah Keluarga Harmonis

Tidak Melakukan Gerakan Spontan

Pengidap darah rendah pasti kerap merasakan pusing ketika bergerak secara tiba-tiba. Hal ini lantaran aliran darah ari tubuh ke otak berjalan lambat, oleh karena itu tubuh menjadi pusing dan kehilangan keseimbangan.

Kurangi gerakan secara spontan atau terburu, hal ini akan membantu aliran darah tetap stabil.

Waktu Istirahat yang Cukup

Sempatkanlah waktu untuk beristirahat sejenak dari kegiatanmu sehari-hari saat puasa. Tak perlu waktu yang lama, cukup 10-30 menit untuk beristirahat.

Dengan beristirahat tubuh akan kembali rileks dan pikkiran juga akan tenang. Jika tubuh dan pikiran tetap rileks, maka kemungkinan tekanan darah juga akan normal.

Sebaliknya, jika tubuh dan otak tidak diistirahatkan maka, tubuh akan mudah lelah, kerja tidak maksimal, kemungkinan stress akan tinggi dan juga tekanan darah akan tidak stabil.

Konsumsi Makanan Mengandung Garam

Terakhir, jika tubuh mengalami tanda-tanda tekanan darah rendah, ada baiknya kita memperbanyak makanan yang mengandung garam yodium.

Makanan mengandung garam dapat membantu Anda meningkatkan tekanan darah dan membuatnya menjadi seimbang. <Bachtiar>

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat