Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Secara Islami

Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Secara Islami

Mencari Solusi Bersama

Menikah berarti membangun hidup bersama, saling berbagi satu sama lain. Begitu juga ketika ada masalah yang melanda, harusnya dibicarakan berdua agar menemukan solusi bersama. Suami atau istri adalah partner dalam berbagai hal. Bahkan jika hanya masalah kecil saja, tidak ada salahnya untuk meminta pendapat pada pasangan untuk menemukan penyelesaian. Dengan begitu, hubungan antara suami dan istri akan semakin erat.

Memanggil dengan Panggilan Sayang

Berpedoman pada Rasulullah Saw ketika beliau memanggil Aisyah Ra dengan sebutan Humaira, yang artinya Merah Delima. Tiada salahnya jika suami juga memberikan panggilan kesayangan pada istri seperti halnya yang dilakukan Rasulullah Saw. Istri pun juga bisa melakukan hal yang sama terhadap suami. Karenanya, pilihlah panggilan yang memang benar-benar baik dan pasangan juga menyukainya.

Qana’ah

Hidup berumah tangga artinya harus berusaha mandiri demi mencukupi kebutuhan bersama-sama. Jangan membandingkan dengan keadaan ketika sebelum menikah—yang apa-apanya bisa didapatkan dari orangtua atau oleh pendapatan sendiri.

Saat berumah tangga, seseorang harus bisa membagi dengan tepat mana kebutuhan pribadi, mana kebutuhan bersama. Bersyukur terhadap apa yang telah diberikan Allah atas rezeki yang diterima akan membuat kehidupan rumah tangga menjadi lebih berkah.

Toleransi, Solidaritas, dan Kepedulian

Tidak benar untuk menuntut kesempurnaan dari suami maupun istri, karena pada dasarnya manusia tidak ada yang sempurna. Baik suami maupun istri pasti tidak luput dari salah dan khilaf. Oleh sebab itu, penting untuk memiliki rasa toleransi demi menghindari kekeliruan, apalagi kekerasan.

Bila masing-masing tidak ada yang mau mengalah, maka yang terjadi hanyalah rasa dendam dan rumah tangga pun jadi berantakan. Saling menguatkan satu sama lain merupakan bentuk nyata dari rasa peduli. Berusaha untuk selalu bisa berdiri disamping pasangan ketika ada permasalahan yang menimpa akan menumbuhkan rasa kepercayaan yang lebih dalam terhadap pasangan.

Sakralitas Rumah Tangga

Sakralitas di sini adalah dalam berumah tangga segala sesuatunya harus didasari ketaatan terhadap syariat Allah Swt. Membangun rumah tangga jika hanya dipandang dari segi materi tentu akan terasa berat. Karena itu, ingatlah bahwa tujuan berumah tangga adalah untuk mendapat kebaikan dengan berkah dari Allah Swt. Dengan begitu, masalah apapun yang dihadapi dalam lingkup rumah tangga insya Allah bisa dihadapi.

Demikianlah beberapa hal yang bisa Anda praktikkan dalam membangun bahtera rumah tangga agar keluarga Anda menjadi lebih harmonis, selamanya. <>

Sumber: diolah dari dalamislam.com, cintalia.com.

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat