Tetap Produktif Pasca Pensiun, Tetap Berpenghasilan dan Terhindar dari Barbagai Penyakit

Tetap Produktif Pasca Pensiun, Tetap Berpenghasilan dan Terhindar dari Barbagai Penyakit

Jangan jadi Rumput, yang Kehadirannya Tak Diinginkan Tanaman Lain

“Jadi, masa selama 15 tahun akan dilalui dengan hidup santai seperti itu?” Tanya Kakek. “Jangan lupa, penyakit lebih mudah menghinggapi orang tua santai daripada orang aktif,” lanjut Kakek. Padahal terapi sakit diabetes, darah tinggi dan penyakit terkait usia lainnya, salah satunya adalah bergaya hidup aktif. Misal jalan kaki pagi hari, berkebun ringan, dan sebagainya.

Kakek juga tetap ingin memberikan kontribusi pada kehidupan masyarakat walau secara kenegaraan sudah ‘diapkirkan’. “Tidak akan mungkin pensiunan mampu membiayai kegiatan masjid, misalnya, jika hanya mengandalkan uang pensiunan yang hanya cukup untuk makan itu,” tambahnya. Iya juga.

Berinvestasi untuk Masa Depan Seperti Menangkap Kupu-kupu

Kakek memiliki beberapa hektar kebun cengkeh dan kelapa. Secara rutin Kakek turun langsung merawat dan memanen kebun itu. Kakek juga melanjutkan klinik bidan Nenek yang juga sudah pensiun, dengan meluaskan usaha klinik di rumah luasnya. Ada praktek dokter terpadu dengan apotek. Salah satu dokter yang praktek di sana putrinya.

“Sambil memberikan peluang usaha pada bibimu. Juga sambil bantu mengasuh cucu-cucu kecil itu,” Kakek terkekeh.

Iya, jika berkunjung kepada Kakek, terasa sekali energi tak pernah habis itu. Uang saku yang diselipkan setiap berkunjung tentu saja selalu di atas rata-rata jumlahnya. Belum lagi hubungan telepon jarak jauh yang dilakukan Kakek tajir ini. Sehat selalu ya Kek.<MH>

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat