Sang Pencari Kebenaran

Sang Pencari Kebenaran

Setelah meminta izin pada serombongan kafilah Arab, Salman melakukan perjalanan besarnya. Hingga di tengah perjalanan, orang yang memberinya tumpangan berkhianat.

Dia menangkap Salman dan menjualnya sebagai budak. Ya, Salman akhirnya menjadi budak bagi seorang Yahudi Madinah. Dia ditugaskan menjaga ladang kurma.

Suatu hari ketika ada di atas pohon, Salman melihat Usaid, sepupu tuannya berlari sembari teriak-teriak.

“Ada apa Usaid?” majikan Salman bertanya.

Usaid lantas menceritakan berkumpulnya Suku Khazraj dan Aus seperti saudara. Padahal sebelumnya mereka bermusuhan. Kedua suku itu berkumpul di Quba’ untuk menunggu seorang bernama Muhammad bin Abdullah. Muhammad, lelaki yang mengaku menjadi nabi terakhir dan membawa risalah Isa dan Musa.

Penjelasan Usaid spontan membuat Salman bergetar. Dia yang ada di atas pohon hampir saja jatuh. Salman lantas bergegas turun dan menanyakannya langsung pada Usaid. Namun, sepertinya apa yang dia lakukan tak disenangi sang majikan. Salman dipukul dan diminta kembali bekerja.

Menemukan

Malam tiba, bersegera Salman menuju Quba’ membawa makanan. Setiba di Quba’, matanya menyisir sekeliling dan didapatilah Nabi Saw ada di antara mereka.

Berhati-hati Salman mendekat. Di hadapan Rasulullah, Salman kemudian menyerahkan makanan itu.

“Makanan ini sebagai sedekah,” begitu kata Salman kepada Rasulullah.

Mendengarnya, Rasulullah Saw kemudian memanggil para sahabat dan membagikannya, tanpa sedikit pun beliau mengambilnya.

“Oh, ini satu tandanya,” batin Salman.

Di hari lain, Salman datang dengan membawa makanan lagi. Dia lantas menyerahkannya kepada Rasulullah dan mengatakan bahwa makanan itu adalah hadiah. Saat itu juga, Salman dapati bahwa beliau membagikan makanan itu kepada para sahabat. Beliau pun turut memakan makanan tersebut.

“Oh, ini tanda kedua,” batin Salman lagi.

Hingga, tahulah Salman bahwa lelaki yang selama ini dicarinya kini telah ada di depan mata, tatkala dia melihat kain penutup pundak Rasulullah Saw tertiup angin.

Menangislah Salman melihat tanda kenabian itu. salman lantas memeluk Islam usai pencarian panjangnya. Dia pun menceritakan perjalanan panjangnya kepada Rasulullah Saw.

Penulis: Rahmawati Eki

sumber: Sirah Sahabat.

Admin Hadila
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat