Pramuka SMAIT Ihsanul Fikri Magelang Ikuti 1st ASEAN Rover Moot Brunei Darussalam

Pramuka SMAIT Ihsanul Fikri Magelang Ikuti 1st ASEAN Rover Moot Brunei Darussalam

Makanan khas Brunei Darussalam adalah Amboyat, jenis makanan yang terbuat dari sagu yang direbus dan makannnya dicampur dengan sambal/sayur asam dan daging ataupun ikan, lebih unik lagi karena makanan ini tidak dimakan pakai sendok, tapi menggunakan sumpit bambu.

Selanjutnya aktivitas di Distrik A, ada latihan menggunakan kayak/perahu kecil untuk menyeberang pantai sejauh 1 km bolak-balik. Tentunya kegiatan ini begitu menguras energi, tapi sangat menantang dan baru bagi para peserta.

Di Distrik D, kegiatannya bisa disebut the real scout activity, karena kegiatan distrik dibuat seperti kegiatan militer penuh kedisiplinan, ada juga jelajah hutan, arung jeram/rafting, dan panjat tebing yang merupakan aktivitas uji adrenalin dan ketangkasan. Sementara itu, di Distrik C salah satu kegiatannya adalah pengabdian masyarakat dan pengenalan budaya di rumah panjang Belait.

Kegiatan Distrik yang penuh kenangan telah usai selama tiga hari, saatnya semua peserta bergabung jadi satu kembali di Games Village Berakas. Setelah semua peserta bertemu, mereka saling mencurahkan rasa gembira tak tertahan ke teman lainnya yang berbeda distrik, menceritakan serunya kegiatan distrik masing-masing.

Pramuka SMAIT Ihsanul Fikri Magelang Ikuti 1st ASEAN Rover Moot Brunei Darussalam

Kegiatan Sabtu (15/12/2018) adalah kunjungan ke beberapa tempat. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, ada yang berkunjung ke Pusat Dawah Brunei Darussalam, Police Force, Muzeum Armed Force, dan Monetory Brunei Darussalam.

Selanjutnya semua peserta diajak berkeliling melihat mewahnya muzeum alat kerajaan Brunei Darussalam yang berisi kereta kencana Sultan, Singgasana Sultan berlapis emas murni, baju kebesaran Sultan Brunei, dan banyak lagi. Sayang, semua alat dokumentasi dan HP dilarang masuk museum, sehingga peserta tak bisa mengambil foto.

Namun demikian, peserta diberi kesempatan membeli cinderamata khas Brunei di akhir kunjungan museum. Kemudian, kunjungan dilanjutkan ke Kantor Pengakap Brunei Darussalam untuk jamuan makan siang dan mengenal lebih dekat serta membeli cinderamata khas Pengakap Brunei Darussalam.

Kunjungan berikutnya adalah ke Jerudong Park, dunia fantasi-nya Brunei. Para peserta dimanjakan dengan berbagai wahana menyenangkan sekaligus menantang dan menguji adrenalin. Wahana yang paling menguji keberanian adalah Scary Drop Tower Ride, dimana peserta dibawa ke atas tower yang sangat tinggi dan dijatuhkan tanpa aba-aba sebelumnya, serasa jantung mau copot.

SMAIT Ihsanul Fikri Tampilkan Tarian Lenggang Nusantara

Setelah semua kunjungan usai, saatnya menikmati keakraban di Rover Night yaitu ajang penampilan para peserta dari berbagai negara untuk menyuguhkan penampilan khas negara masing-masing. SMAIT Ihsanul Fikri Magelang menampilkan Tarian Lenggang Nusantara.

Dengan memadukan beberapa tari dan unsur daerah di Indonesia, dengan tajuk Tarian Lenggang Bumi Persada, SMAIT Ihsanul Fikri berhasil membuat seisi gedung olahraga di Game Village, Brunei Darussalam, bergemuruh pada gelaran Cultural Night 1st ASEAN Rover Moot 2018 di Brunei Darussalaam.

Menurut Koreografer, Uma Nabila Arini, yang merupakan salah satu wali murid SMAIT Ihsanul Fikri sekaligus seorang guru tari, tarian tersebut terdiri dari unsur budaya Bali, Sumatera, Jakarta, Papua, serta gerakan Poco-Poco.

“Ada Tari Bali dengan agem dan kerlingan matanya, kemudian Tari Tor-Tor dari Sumatera, Jakarta dengan Jali-Jalinya, Papua dengan hentakan kakinya, serta gerakan Poco-Poco yang energic dan lincah. Kami balut dengan kostum batik Jawa yang tentu didesain dengan syar’i dan menutup aurat. Secara kita dari sekolah Islam, yang tentu ini sangat menantang kan,” ujarnya.

Pramuka SMAIT Ihsanul Fikri Magelang Ikuti 1st ASEAN Rover Moot Brunei Darussalam

Selain berkesempatan tampil, 3 perwakilan SMAIT Ihsanul Fikri juga berhasil meraih Juara III Lomba Orientering pada gelaran rangkaian acara tersebut.

Di malam terakhir dilaksanakan ASEAN Night untuk menampilkan seluruh penampilan antarnegara se-ASEAN. Kemudian acara ditutup dengan foto bersama yang akan dijadikan kenangan sepanjang masa para peserta 1st ASEAN Rover Moot Brunei Darussalam.

Di penghujung kegiatan, yaitu pada upacara Penutupan 1st ASEAN Rover Moot di Pusat Belia Brunei Darussalam, secara resmi seluruh kegiatan ditutup oleh Putra Mahkota Sultan Hassanal Bolkiah Brunei Darussalam.

One ASEAN, One Community in Scouting, sampai bertemu kembali di kesempatan yang lebih berarti. <Humas SMAIT Ihsanul Fikri Magelang>

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat