Pentingnya Motivasi untuk Perkembangan Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Pentingnya Motivasi untuk Perkembangan Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Lalu mengalir deraslah susu dari ambing susu anak kambing betina tersebut. Kemudian Abu Bakar membawa wadah cembung dari batu. Ambing susu itu pun diperah. Aku dan Abu Bakar pun meminum susunya.

Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan kepada ambing susu itu, “Menyusutlah.” Maka seketika itu ambing susu pun menyusut. Setelah itu, aku (Ibnu Mas’ud) pun datang menghadap beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “Ajarkanlah kepadaku perkataan yang engkau bawa (Alquran).”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Sesungguhnya Engkau adalah anak yang terpelajar. Maka Ibnu Mas’ud pun mempelajari 70 surah langsung dari beliau dan tidak seorang pun yang mengalahkannya.

Hadis ini menunjukkan kepada kita bahwa sekadar keinginan anak untuk belajar tanpa diminta atau dipaksa merupakan prestasi tersendiri bagi anak yang layak mendapatkan apresiasi berupa pujian, sanjungan, doa kebaikan ataupun hadiah (reward).

Oleh karena itu, sekecil apa pun sikap anak dalam kebaikan, sangat layak untuk dihargai oleh orang  tua, walaupun dengan sesuatu yang mungkin sepele bagi orang dewasa. Harapannya, dengan adanya apresiasi atas apa yang dilakukannya, sang anak tersebut akan termotivasi untuk terus melakukan kebaikan di masa mendatang.

Hadis ini juga menjadi bukti nyata pujian atau doa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Ibnu Mas’ud—yang ketika itu belum masuk Islam—dapat memberikan dampak positif yang nyata.

Terbukti setelah itu Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu mengajukan keislamannya dan meminta Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mengajarkannya Islam dan Alquran. <>

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat