Minal Aidin atau Taqabbalallahu, Mana yang Afdal Diucapkan?

Minal Aidin atau Taqabbalallahu, Mana yang Afdal Diucapkan?

Ada pun ucapan selamat hari raya, yang biasa diucapkan manusia kepada lainnya setelah shalat id: *Taqabbalallah Minna wa Minkum, wa ahaalahullah ‘alaika*, dan yang semisalnya, hal ini diriwayatkan dari segolongan sahabat nabi, di mana mereka melakukannya dan memberikan keringanan atas hal itu, demikian pula para imam seperti Imam Ahmad dan lainnya.

Ancaman Allah untuk Orang yang Tidak Puasa Tanpa Udzur

Tetapi Imam Ahmad berkata: “Aku tidak akan memulai mengucapkannya kepada seseorang, tapi kalau ada yang mulai mengucapkan kepadaku, maka aku akan jawab.”

Memulai ucapan selamat tidak ada sunnah perintahnya, dan tidak ada pula larangannya. Maka, barang siapa yang mengucapkannya maka dia ada contoh, dan barang siapa yang tidak mengucapkannya dia juga ada contoh. Wallahu a’lam. *(Fatawa Al Kubra, 2/228)*

Maka mengucapkan Taqabbalallah Minna wa Minkum, silahkan. Ini perbuatan para sahabat nabi.

Salat Sebagai Penolong Seorang Muslim di Dunia Akhirat

Mengucapkan Minal ‘Aidin wal Faaizin, silahkan, ini adalah kebiasaan baik lagi benar (al ‘urf ash shahih) yang ada di negeri ini. Sebagaimana kata Syaikh Utsaimin, jika sebuah kebiasaan itu tidak mengandung dosa maka hal itu diperbolehkan.

Para ulama mengatakan:

Ketetapan hukum karena tradisi itu seperti ketetapan hukum dengan Nash/dalil.*(Syaikh Muhammad ‘Amim Al Mujadidiy At Turkiy, Qawa’id Al Fiqhiyah, no. 101).

Agama ini mudah, dan jangan persulit sendiri dan umat manusia, dengan ekstrimitas yang tidak perlu. Demikian, Wallahu a’lam. <Ustadz Farid Nu’man, Pembina Pesantren Quran Subulun Najjah Depok/Majelis Indahnya Berbagi>

Join Channel: bit.ly/1Tu7OaC
Fanpage: https://facebook.com/ustadzfaridnuman
Kunjungi website resmi: alfahmu.id

 

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat