Mengelola Daging Kurban Agar Sehat Dikonsumsi

Mengelola Daging Kurban Agar Sehat Dikonsumsi

Selanjutnya, untuk menjaga kebersihan, sebaiknya daging kurban juga tidak terkena lantai, bersentuhan dengan kaki yang kotor, ataupun alas kaki. Setelah dipotong-potong, daging perlu diletakkan di tempat penyimpan agar tidak berpotensi terinjak-injak.

Daging kurban adalah daging yang hendak dibagikan kepada masyarakat luas—terutama mereka yang kurang mampu, sehingga kebersihannya harus benar-benar terjaga. Bisa jadi daging kurban adalah daging pertama yang didapat oleh mereka para penerima daging kurban dalam kurun waktu satu tahun ini, sehingga jangan sampai daging tersebut justru menimbulkan masalah terkait kesehatan, karena tidak terjaga kebersihannya.

Setelah memilih wadah yang baik, dan menjaga kebersihan daging kurban, para pelaksana penyembelihan hewan kurban sebaiknya juga memisahkan antara jeroan dari hewan kurban dengan bagian yang lainnya. Hal ini perlu dilakukan karena jeroan memiliki jumlah kuman yang lebih banyak daripada bagian lainnya. Sehingga setelah dibersihkan, jeroan sebaiknya ditempatkan dalam wadah yang berbeda dengan daging kurban.

Dilansir dari antaranews.com, pelaksanaan kurban harus memerhatikan tiga aspek kegiatan kurban yang sesuai prinsip kesejahteraan hewan, yaitu tempat penampungan hewan sementara, tempat penyembelihan, dan tempat penanganan daging. Dengan memerhatikan persiapan fasilitas kegiatan kurban dan penyajian daging yang baik, masyarakat bisa menikmati daging kurban yang memenuhi aspek aman, sehat, utuh, dan halal.

Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha, selamat menunaikan ibadah kurban. Semoga amal ibadah kita diterima Allah Swt. “Maka laksanakan salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah.” [Q.S. Al-Kautsar (108): 2]. <Ibnu Majah/Dari berbagai sumber>

Admin Hadila
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat