Melatih Kedisiplinan Si Kecil dengan Mengajarkan Anak Salat 5 Waktu

Melatih Kedisiplinan Si Kecil dengan Mengajarkan Anak Salat 5 Waktu

Namun jika selalu menurun, maka kita buat kesepakatan dengan anak bentuk hukumannya apa? Misal, jika melanggar 3 kali maka tidak diberi uang saku. Sedangkan untuk anak yang sudah baligh lebih kita pertegas lagi tentang kedisiplinan salat.

Tips untuk Orangtua Mengajari Balita Bicara

Keempat, anak-anak belajar dari lingkungan, dari apa yang mereka dengar dan lihat. Maka, kita berusaha untuk memberi keteladanan. Ketika tiba waktu salat, anak laki-laki diarahkan ke masjid.

Anak perempuan ketika memungkinkan juga dapat diajak ke masjid, jika tidak ibu di rumah yang memberikan contoh ketika waktu salat tiba segera salat dan mengajak anak perempuannya berjamaah. Bahasa yang kita gunakan bukanlah model perintah, tetapi berupa ajakan dengan diiringi contoh nyata.

Anak Kurang Percaya Diri? Begini Cara Kita Menanganinya

Kelima, secara bertahap melalui kerjasama dengan pihak sekolah kita beri pemahaman tentang hakikat beribadah, hikmah salat dan hal-hal terkait dengan berbagai macam ibadah.

Prinsipnya adalah dengan bahasa dan penjelasan yang mudah dipahami anak dan menyenangkan, misalnya melalui cerita, kisah kisah teladan dan pesan-pesan dari guru saat mentoring sebelum memulai/ saat mengakhiri kegiatan belajar. Demikian semoga bermanfaat.<>

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat