Warisan Bagi Dua Anak Perempuan

Warisan Bagi Dua Anak Perempuan

      Assalamualaikum, Ustazah. Ibu saya telah meninggal dunia, dan meninggalkan dua orang putri. Saya dan adik saya. Dulu orang tua kami bercerai, saya ikut ibu, dan adik ikut ayah. Bagaimana hukum pembagian warisan yang ditinggalkan oleh ibu saya? Mohon solusinya. Terima kasih. (08579982xxxx)

 

Jawaban Ustazah Nursilaturahmah dari Ma’had Abu Bakar Putri

Wa’alaikumussalaam Wr. Wb. Islam adalah agama sempurna yang mengatur segala aspek kehidupan manusia, termasuk mengatur tentang harta yang ditinggalkan oleh pemiliknya karena tutup usia, dan bagaimana pembagiannya agar tidak timbul perselisihan antarsesama anggota keluarga yang ditinggalkannya.

Sebelum memberikan penjelasan tentang pertanyaan saudari di atas, kami ingin sedikit meluruskan pemahaman tentang istilah-istilah yang tidak tepat yang sering digunakan dalam pemindahan hak milik harta dari seseorang kepada orang lain.

Pertama, hibah adalah pemberian yang dilakukan saat seseorang masih hidup kepada seseorang yang masih hidup lainnya, siapa pun termasuk kepada ahli waris, semisal suami, anak, orang tua atau selain ahli waris seperti keponakan, anak angkat, anak yang lahir dari hubungan perzinaan atau anak yang berlainan agama atau yang lainnya. Dalam akad hibah ini tidak ada batasan jumlah tertentu dan aturan-aturan tertentu. Yang penting tidak menimbulkan mudarat bagi semuanya; pemberi, yang diberi atau pun keluarga.

Kedua, wasiat adalah pemberian harta kepada orang lain yang dilaksanakan sesudah pemberi wasiat tersebut meninggal dunia. Ketentuannya; jumlah maksimalnya adalah 1/3 dari seluruh harta pemberi wasiat dan tidak boleh diberikan atau ditujukan kepada ahli waris. Namun realitanya wasiat seperti ini justru sering ditujukan kepada ahli waris. Banyak orang tua sebelum meninggal dunia berwasiat bahwa jika mereka telah meninggal nanti, maka tanah A untuk anak pertama, tanah B untuk anak kedua, rumah untuk anak ketiga, dan lain sebagainya. Padahal ini dilarang oleh Rasulullah Saw, sebagaimana sabda beliau, “Sesungguhnya Allah telah memberi hak kepada tiap-tiap yang berhak dan tidak ada wasiat untuk ahli waris.” (H.R.Abu Daud).

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat