Tips Agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua

Tips Agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua

Oleh: Siti Faizah (Ketua PP Salimah)

Memiliki anak yang berbakti kepada orang tua adalah harapan setiap insan. Perlahan tapi pasti, waktu akan menghantarkan raga manusia mulai melemah kemudian merenta, daya ingat mulai berkurang, berpikir mulai terbatas. Di saat itu orang tua membutuhkan pendampingan dan bantuan anak. Anak yang berbakti bukan hanya kebutuhan orang tua saat hidup di dunia, melainkan sampai ke akhirat.

Anak adalah aset berharga yang sangat berguna tanpa batas waktu. Kematian hanya memisahkan raga, tetapi bakti anak kepada orang tua tetap dinanti dan berguna dalam menambah kebaikan di alam kubur sampai akhiratnya. Dari Abu Hurairah Ra, bahwa Rasul Saw bersabda, “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara, yakni sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang saleh.” (H.R. Muslim)

Dalalm Alquran terdapat banyak ayat yang tersebar di lima surah, seperti Surah Al Isra’ ayat 23, Annisa’ ayat 36, Al Ankabut ayat 8, Al Ahqaf ayat 15, dan Luqman ayat 14 yang memerintahkan anak supaya berbakti kepada kedua orang tuanya, “Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orang tuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kalian kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada-Ku lah kalian kembali.” (Q.S. Luqman : 14)

Namun keinginan orang tua tidak selamanya sesuai harapan. Realitas sosial memperlihatkan berbagai kasus, seperti anak menghardik dan membantah orang tua. Anak yang dengan tega memperkarakan orang tua ke ranah hukum bahkan ada yang sampai membunuh orang tuanya. Anak menjadi sulit diajak kompromi, anak tidak bisa berbagi waktu sekadar berbincang dengan orang tua dalam rangka menghibur dan menjalin kebersamaan. Terdapat pula orang tua yang tidak bisa mengharapkan bantuan dari anak, anak enggan mengurus orang tua, bahkan ada kasus anak yang melulu menadahkan tangan pada bantuan orang tua dan problematika lainnya di masyarakat.

Alkisah, Umar bin Khatab Ra pernah mendapatkan keluhan seorang ayah yang mengadukan putranya yang dianggap durhaka dan meminta beliau memberikan nasihat kepada sang anak. Tiba saatnya khalifah mendengar sang anak berujar, “Bagaimana aku berbakti kepada ayahku? Demi Allah, ayahku tak sayang kepada ibuku yang diperlakukan tidak ubahnya seorang hamba sahaya. Sekali-kalinya dia mengeluarkan uang untuk ibuku, sebanyak 400 dirham untuk menebus ibuku. Dia juga tak menamaiku dengan nama yang baik. Aku diberi nama, “Juala (Jadian)”. Dia juga tidak mengajariku membaca Alquran, meski satu ayat pun.” Mendengar penjelasan sang anak, Umar Ra memandang tajam ke arah sang ayah sambil berkata, “Kalau begitu bukan anakmu yang durhaka, tetapi kamulah orang tua durhaka.”

Bak pepatah, “Siapa yang menanam, dia yang menuai”, mengingatkan setiap orang tua bahwa persoalan yang dihadapi terkait perilaku anak bukan tanpa sebab. Kisah tersebut menjadi bahan evaluasi dalam proses pendidikan anak. Ketika orang tua berlebihan dalam memenuhi keinginan anak, menuntut anak tampil sempurna (perfeksionis) sesuai keinginan dirinya, padahal setiap anak hakikatnya unik dan memiliki potensi spesifik.

Orang tua cukup memberi motivasi pada anak agar tumbuh jiwa optimis. Berproses dalam belajar agar menjadi sukses. Ada pula orang tua yang berlebihan dalam mendoktrin, dimana anak dituntut untuk memenuhi keinginan orang tua tanpa mendengar alasan dan keluhannya. Pengekangan membuat anak selalu bergantung dan berakibat fatal pada kemandirian anak. Menjadikan anak terus bergantung kepada orang tua dalam setiap tantangan dan kesulitan yang dihadapi sehingga tidak bisa mengambil keputusan sendiri. Ada pula orang tua yang berlebihan dalam menghukum anak yang bisa jadi tidak sesuai dengan tingkat kesalahan anak.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat