Tips Memulai Bisnis, Menganalisa Pasar hingga Mencari Modal

Tips Memulai Bisnis, Menganalisa Pasar hingga Mencari Modal

Hadila.co.id Memulai bisnis adalah sesuatu yang menjadi ketakutan tersendiri bagi sebagian orang, beberapa beralasan takut usahanya tidak berkembang, sebagian orang tak kunjung memulai bisnis karena alasan tidak punya modal.

Oleh sebab itu perlu tekad yang kuat dan kejelian melihat peluang dan menganalisis pasar bagi seseorang untuk memulai bisnisnya, diantaranya seperti yang dilakukan oleh Sahabat Hadila berikut ini.

Belajar Bisnis Kuliner dari Owner Brownies Cinta

Merintis bisnis sebenarnya tidak terlalu susah. Namun sebaliknya untuk mempertahankan bisnis itu yang paling susah. Mbak sudah punya gagasan ingin memproduksi alat permainan edukatif. Ini sesuatu yang luar biasa dan jarang dilirik kebanyakan orang.

Yang kemudian harus di jawab adalah: mengapa orang tidak merambah bisnis itu? Apakah masih banyak yang membutuhkan alat semacam itu? Siapa yang akan membeli (target market)? Apa ‘nilai’ yang akan ditawarkan? Contoh: Sendsod*ne anti ngilu (nilainya anti ngilu), pepsod*nt membuat gigi lebih kuat (nilainya membuat gigi lebih kuat).

Teknik Pemasaran Jasa, agar Usaha Laris dan Dikenal Banyak Orang

Kemudian, apa perbedaan (diferentiation)nya dengan pesaing? Apakah produk itu akan memiliki “life-cycle” yang panjang? Bagaimana memperoleh bahan bakunya? Apakah bisa sesuai antara bahan baku dengan harga jual? Jika jawabannya mengarah pada “barang tersebut pasti laris karena pasar tersedia cukup besar, serta ketersediaan bahan baku tidak masalah” maka usaha tersebut layak untuk dijalankan.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat