Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah

Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah

K aranganyar– Azkadina Karanganyar mengelar kajian kesehatan  bertema “Peran Thibbun Nabawwi Dalam Era Kesehatan Zaman Now” dengan pembicara Founder Yayasan Tittari dan dokter di Rumah Sakit Umum Daerah Moewardi , Dr. Arief Nurudhin, Sp.PD. KR-FINASIM.

Dokter Arief menyampaikan cara untuk menyembuhkan penyakit dengan Thibbun Nabawwi ada 3 cara yaitu :

Pertama, membaca Alquran. Mempelajari Alquran manfaatnya sangat bagus, karena membacanya saja sudah mendapat pahala. Bermanfaat menenangkan jiwa, memicu hati menjadi tenteram, mengurangi setres, menyembuhkan berbagai penyakit.  Dalam Surah Al-Isra’ ayat 82 Allah Swt berfirman, “Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian”. “Dari sisi keilmuan menjelaskan semakin tenang hati kita maka insya Alah mengobati penyakit kita,” ujarnya.

Kedua, zikir kepada Allah Swt. Firman Allah Swt dalam Surah Ar-Ra’d ayat 28, “(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenetram.” Dokter Arief menambahkan bahwa berzikir bukan hanya bentuk ekspresi keagamaan tetapi juga memiliki unsur terapi terhadap penyaki. “Semakin tenang hati kita maka menjadi obat penyakit yang kita punya,” jelasnya.

Ketiga, salat. Salat menenteramkan hati, terutama Salat Tahajud. “Ada seorang ahli yang meneliti tentang orang yang sering Salat Tahajud dengan orang yang tidak Salat Tahajud. Terbukti bahwa orang yang sering Salat Tahajud sistem imunnya tinggi,” jelasnya.

Dokter di Rumah sakit Umum Daerah Moewardi itu juga menambahkan bahwa Salat Tahajud memiliki 10 manfaat, 5 di dunia dan 5 di akhirat. Jika tidak dikabulkan doa kita di dunia, maka Allah akan kabulkan di akhirat.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat