Teman Curhat Istimewa

Teman Curhat Istimewa

Hadila.co.id — Seiring bertambahnya usia anak, masalah yang mereka hadapi pun makin kompleks. Mereka menemui banyak hal yang membutuhkan referensi, tempat bertanya, tempat curhat atas semua masalah yang dihadapi.

Jika masalah tersebut terkait pelajaran sekolah, tentu tidak masalah bertanya pada guru atau kakak tingkat. Namun, jika masalahnya bersifat private, tentu bisa membahayakan “keselamatan” anak. Di sinilah dibutuhkan tempat curhat yang aman untuk anak. Dan ternyata, orangtua adalah tempat curhat paling aman bagi anak.

Banyak kasus anak remaja kita secara bebas dan vulgar curhat di media sosial, sementara teman-teman dunia mayanya tidak semua baik. Di saat yang sama orangtua cuek dengan masalah dan bahaya yang sedang mengintai anak. Orangtua baru kaget saat anaknya sudah terjerumus jauh ke pergaulan bebas.

Menurut riset dari John Hopkins University, remaja-remaja yang memiliki kesempatan berbicara pada orangtuanya sendiri ternyata memiliki daya tahan mental lebih baik terhadap pengaruh lingkungan.

Jika anak-anak tidak mau curhat pada kita, pasti ada masalah yang harus diurai, sudah selayaknya orangtua tahu, apa sebabnya?

Sering kita jumpai, orangtua lebih mudah mengingat kapan memulai bicara (menceramahi) anak, karena hampir tiap hari hal tersebut terjadi. Di sisi lain mayoritas orangtua kesulitan mengingat kapan anaknya mau memulai bicara (curhat) kepadanya, karena hal tersebut jarang terjadi.

Banyak pula orangtua kurang asik diajak curhat anaknya. Kebanyakan orangtua lebih sering menceramahi anak, daripada mendengar curhatan anak. Inilah kenapa anak-anak merasa tidak nyaman curhat pada orangtuanya. Mayoritas orangtua secara tidak sadar selalu mendominasi dalam berbagai kesempatan komunikasi dengan anak.

Admin Hadila
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat