fbpx

Surga yang Dirindukan

Surga yang Dirindukan

Oleh: Supomo (Penulis, pegiat sosial)

 Rebutan customer atau pelanggan dalam dunia bisnis tentu sesuatu yang biasa dan dianggap sesuatu yang wajar hingga kini. Untuk bisa memenangkan hati pelanggan, para pemain bisnis berlomba tampil dengan kualitas terbaik dan menawarkan banyak keunggulan dalam pelayanan (service excellent). Siapa yang unggul dalam kualitas produk dan layananlah yang  akan mampu merebut hati pelanggan.

Kompetisi memenangkan hati pelanggan tidak akan pernah berhenti di satu titik. Selalu muncul ide dan kreativitas baru setiap ada kompetitor yang berhasil menguasai hati pelanggan sehingga jadi market leader. Aksi kejar-kejaran dalam peningkatan kualitas produk dan layanan tidak bisa terelakkan. Relasi antara pebisnis dan pelanggan menjadi sangat dinamis. Pebisnis yang tidak mau menyesuaikan perubahan zaman, bisa tergeser oleh pebisnis lain yang bersikap terbuka dengan perubahan.

Dinamika dalam dunia bisnis, bisa terjadi dalam relasi suami-istri di dalam sebuah rumah tangga, meskipun tidak sama persis. Dalam dunia bisnis, posisinya jelas, siapa penjual dan siapa pelanggan, tidak pernah berubah psosisi. Sementara di dalam rumah tangga, suami maupun istri bisa sama-sama menjadi penjual dan di saat yang lain bisa sama-sama menjadi customer (pelanggan).

Meski demikian, ilmu melayani pelanggan (service excellent) bisa diterapkan oleh seorang suami saat melayani istri, dan juga di saat istri melayani suami. Dalam konteks ini, suami maupun istri adalah pelayan bagi pasangannya. Secara natural, seseorang akan semakin puas dan bahagia jika mendapat layanan yang prima. Pelanggan tidak akan memalingkan hatinya ke yang lain jika layanan mempesona.

Ancaman keharmonisan di dalam rumah tangga, sesungguhnya bukan hanya dari pelakor (perebut lelaki orang), tetapi juga dari pebinor (perebut bini orang). Senjata utama bagi pelakor dan pebinor salah satunya adalah tampilan yang mempesona dan layanan yang prima. Pelakor dan pebinor sangat paham bagaimana menaklukkan hati pelanggan, sehingga pelanggan mau berpaling kepadanya.

Seiring Sejalan

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat