Suami Pelit Pada Istri? Ini Cara Menghadapinya!

Suami Pelit Pada Istri? Ini Cara Menghadapinya!

Hadila.co.id — Bagaimana cara menghadapi suami pelit, suami yang tidak mau membagi penghasilannya kepada istri? Sementara, seorang istri sejatinya memiliki hak untuk mendapat nafkah, dan suami wajib untuk menafkahi istri. Mari kita simak ulasan berikut ini. Kita perlu mengetahui penyebab pelitnya seorang suami, sebelum mengambil sebuah kesimpulan.

Assalamualaikum, Ustazah. Bagaimana cara agar suami tidak pelit soal keuangan kepada istri? Soalnya saya memiliki suami pelit, Ustazah. Terima kasih. (081383704xxx)

 

Waalaikumsalam Wr. Wb. Bunda yang baik, menghadapi masalah suami pelit tentu harus lebih bijaksana. Masalah utamanya harus diketahui terlebih dahulu. Mengapa suami bersikap pelit? Apakah memang sejak awal pernikahan sudah demikian? Atau sifat itu muncul belakangan ini dikarenakan sesuatu hal?

Jika sifat itu sejak awal pernikahan ada, maka sikap Bunda sebaiknya mengadakan pendekatan dan sering diajak diskusi. Tentu bukan menasihati. Tentu memerlukan kesabaran dalam menanti perubahannya.

Namun, jika sifat suami pelit itu munculnya baru saja, maka kita cari penyebabnya. Apakah suami mengalami ketidakpercayaan kepada istri? Atau karena sebab lain. Dari akar permasalahan itulah kemudian diambil solusi.

Allah Swt berfirman, “… dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf…” [Q.S. Al-Baqarah (2): 233]. Ayat ini menjadi dasar atas wajibnya seorang suami memberi nafkah kepada istri.

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat