Setiap Penyakit Ada Penawarnya

Setiap Penyakit Ada Penawarnya

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌفَإِذَا أُصِيبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ

“Setiap penyakit ada obatnya. Jika obatnya tepat, sembuh dengan ijin Allah Azza Wajalla”

Matan hadi sini shahih. Terdapat dalam Shahih Muslim pada Kitab As-Salaam, Bab Likulli Daa’ Dawaa’ Wa Istihbaab At-Tadaawi: 2204.

Matan hadis ini berbicara urusan medis, tentang penyakit dan obat penawarnya. Ia menjadi salah satu bukti bahwa ajaran Islam bukan sekadar masalah ritual belaka, sebagaimana dugaan sebagian kalangan atau tuduhan orang-orang yang mengaku cendekiawan. Ajaran Islam itu luas dan lengkap, komprehensif. Ia mencakup seluruh urusan kehidupan manusia tanpa kecuali. Termasuk masalah kesehatan. Sekadar contoh, Islam mengajarkan cara mandi dan bersuci dari buang hajat yang bisa jadi banyak orang mengenalnya sebagai “ajaran” kesehatan. Belum lagi, ajaran tentang kebersihan secara umum, cara tidur, etika makan dan minum, dan ajaran-ajaran lainnya. Luar biasa. Rasulullah Saw telah berbicara tentang kesehatan dan mengajarkan hidup sehat jauh sebelum para dokter dan paramedis melakukannya.

Hadis ini berbicara tentang pengobatan penyakit dan menanamkan keyakinan bahwa yang menyembuhkan penyakit sejatinya ialah Allah Swt. Pengobatan merupakan ikhtiar manusiawi. Obat-obatan hanya sarana belaka. Artinya, yang dilakukan oleh manusia hanyalah sebatas usaha dan Allah Swt yang menentukan hasilnya.

Penyakit merupakan sunnah kauniyah. Siapa pun pernah mengalaminya. Bahkan, Rasulullah Saw, manusia termulia sepanjang sejarah juga pernah jatuh sakit. Setidaknya, pada hari-hari menjelang wafatnya. Bagi seorang muslim, penyakit bisa menjadi pintu untuk mendapatkan ampunan dan menggugurkan dosa-dosa. Rasulullah Saw bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim, “Tidak ada seorang muslim pun yang ditimpa cobaan berupa sakit mau pun yang lainnya, melainkan Allah menggugurkan kesalahan-kesalahannya sebagaimana pohon menggugurkan daunnya.”

Taufik
AUTHOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat