Selama Masih Ada Harapan, Tak Ada yang Tak Mungkin

Selama Masih Ada Harapan, Tak Ada yang Tak Mungkin

Hadila.co.id — Sahabat, kita semua tentu sudah sangat paham bahwa setiap manusia memiliki mimpi. Seberapa pun tingginya, kita akan menggantung harapan untuk menggapai mimpi tersebut.

Harapan adalah hal yang membuat manusia memiliki keyakinan. Allah berfirman, “Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. [Q.S. Al-Insyirah: 8]

Ayat tersebut secara tegas memerintahkan manusia untuk berharap hanya kepada Allah, sebab berharap kepada selain Allah sama saja dengan menyekutukan-Nya.

Semua Dimulai dari Harapan

Rantai kehidupan manusia dimulai dengan adanya harapan. Apa pun yang hendak dicapai, selalu dilandasi dengan harapan. Setelah ada harapan, akan lahir ketekunan. Itulah yang nantinya melahirkan proses perbuatan untuk mencapai impian.

Kira-kira seperti itulah hari-hari manusia dalam menjalani kehidupan. Dikutip dari  alhikmah.co, manusia mempunyai harapan yang sangat besar untuk menggapai sebuah titik, klimaks yang menandakan bahwa manusia diciptakan tidaklah berwujud sia-sia belaka, tetapi mempunyai makna.

Ada cerita yang sudah cukup populer dibagikan oleh warganet, tentang seorang nenek penjual tempe. Suatu hari, tempe buatannya tak benar-benar sempurna, tempe tersebut tidak mekar, melainkan hanya masak setengah matang.

Padahal, ia telah melakukan proses pembuatan dengan sebaik-baiknya. Akhirnya, mau tidak mau nenek itu tetap menjajakan tempenya, sebab hanya itulah sumber mata pencaharian yang ia miliki.

Hasilnya tidak seperti biasa. Matahari sudah condong ke barat, tetapi tempe dagangannya belum juga laku. Orang-orang selalu mempertanyakan kenapa tempenya tidak benar-benar matang, dan tak jadi membeli.

Pada titik tersebut, sang nenek hampir menyerah. Barangkali memang rezekinya hari itu sedang tidak baik. Namun, di dalam hati masih terselip setitik harapan. Dari situlah ia masih bertahan untuk menjual tempe hingga matahari benar-benar tenggelam.

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat