Pentingnya Komunikasi Guru-Murid, dan Cara Berkomunikasi yang Efektif

Pentingnya Komunikasi Guru-Murid, dan Cara Berkomunikasi yang Efektif

Hadila.co.id Bahasa (komunikasi) seseorang mencerminkan pikirannya. Semakin terampil seseorang berkomunikasi, semakin jelas pula jalan pikirannya. Komunikasi yang baik di kelas pada proses pembelajaran, akan sangat membantu anak didik atau siswa dalam membangun pengetahuan yang diberikan oleh guru.

Namun kenyataannya banyak siswa yang kurang mampu dalam mengkomunikasikan ide atau gagasan, apalagi mengembangkannya. Mereka cenderung pendiam, meski nilai kognitifnya tinggi. Gagasan dari materi yang diberikan guru dapat mereka terima, namun banyak yang kesulitan untuk kemudian menjelaskannya kembali secara lisan.

Tanamkan 3 Nilai Islami Ini agar Anak Tidak Mudah Iri dengan Orang Lain

Jika guru memberikan kesempatan untuk bertanya, menanggapi, atau mengajukan ide, hanya sebagian kecil yang mau. Begitupun saat guru balik bertanya, siswa cenderung diam dan pasif. Padahal pada situasi rileks, misal waktu istirahat, para siswa terbiasa/ mampu ngobrol, bercerita, bergurau, menyampaikan ide, menanggapi suatu hal dengan teman tanpa malu atau takut salah bicara.

Tak jarang guru dibuat bingung menghadapi situasi seperti itu. Akhirnya, agar pembelajaran tetap berjalan lancar dan target materi terpenuhi, guru menggunakan jalan pintas asal siswa bisa memahami materi, yaitu dengan metode ceramah. Alhasil kemampuan berkomunikasi siswa semakin terhambat.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat