Pentingnya Kesejiwaan

Pentingnya Kesejiwaan

Oleh: Ustad CAHYADI TAKARIAWAN

 

Menikah adalah peristiwa bersatunya dua jiwa, dua hati, dua pikiran, dan dua fisik dalam satu ikatan. Kendati ada banyak perbedaan karakter, sifat dan kecenderungan antara laki-laki dan perempuan, mereka harus berusaha untuk menemukan chemistry penyatuan jiwa yang membuat suami dan istri berada dalam suasana ‘sejiwa’. Suasana inilah yang membuat kehidupan berumahtangga menjadi nyaman, tenang, tenteram, damai, dan bahagia.

Suasana kesejiwaan membuat berbagai persoalan hidup menjadi mudah diselesaikan. Suasana ini pula yang membuat suami dan istri mudah berkomunikasi dan tidak kesulitan untuk mengekspresikan harapan serta keinginan. Mereka berinteraksi dengan nyaman, tanpa ada sekat psikologis. Merasa demikian dekat antara satu dengan yang lain, tanpa ada jarak yang memisahkan.

Suasana kesejiwaan juga membuat suami dan istri bisa saling berbagi kebahagiaan tanpa ada keinginan untuk mengalahkan dan menjatuhkan pasangan. Mereka melakukan usaha untuk memenangkan kebersamaan, sehingga masing-masing rela untuk menundukkan ego demi kebahagiaan bersama. Bukan hanya berpikir untuk kebahagiaan diri sendiri dengan melukai pasangan, bukan pula hanya membahagiakan pasangan dengan melukai diri sendiri.

 

Gejala yang Muncul

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat