Pentingnya Forum Orang Tua dan Parenting di Sekolah untuk Pantau Perkembangan Anak

Pentingnya Forum Orang Tua dan Parenting di Sekolah untuk Pantau Perkembangan Anak

Hadila.co.id — Keberadaan forum orang tua siswa dan juga kegiatan parenting di sekolah dirasa penting, sebagai upaya keterpaduan pendidikan. Hal itu dikatakan Kepala SDIT Permata Hati Banjarnegara Ikhdatul Khasanah dalam kegiatan Parenting Terpadu SDIT Permata Hati Banjarnegara, Sabtu (23/11).

Menurut Ikhdatul keberadaan forum orang tua sangat membantu sekolah dalam mewujudkan sistem pendidikan terpadu yang ideal. “Lewat forum orang tua, permasalahan yang ada di sekolah dapat dibahas bersama penyelesaiannya. Juga lewat kegiatan parenting yang rutin, menjadikan komunikasi antara sekolah dan orang tua menjadi lancar. Sehingga permasalahan siswa bisa cepat tertangani” jelasnya.

Dengan komunikasi yang intens, maka dapat disepakati bersama taget-target pembelajaran dan karakter yang ingin dibangun oleh sekolah, dan orang tua juga ikut memantau pelaksanaan target itu di sekolah.

“Misal salat, anak-anak di sekolah kan hanya Salat Sunah Duha dan Salat Wajib Zuhur. Selebihnya banyak dilakukan di rumah. Maka mustahil target tercapai tanpa melibatkan orang tua,” lanjut Ikhdatul.

Ia menjelaskan bahwa saat ini pihaknya memiliki instrumen berupa buku agenda harian yang berisi check list salat, tadarus, dan membantu orang tua untuk kelas I SD.

“Orang tua setiap hari memantau dan mengisi check list, setiap pekan dibawa ke sekolah untuk dilaporkan. Ini mengacu pada konsep, sesungguhnya kewajiban mendidik anak usia dasar, apa lagi kami bukan sekolah boarding, ada pada orang tua. Kami sifatnya membantu dan memfasilitasi,” ujarnya.

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat