fbpx

Membuat Daftar Kebaikan Pasangan, Pentingkah?

Membuat Daftar Kebaikan Pasangan, Pentingkah?

Oleh : Cahyadi Takariawan (Konsultan Keluarga Nasional)

Interaksi antara suami dan istri dalam sebuah rumah tangga sungguhlah unik. Tidak sama dengan interaksi antara atasan dan bawahan, tidak seperti interaksi antara komandan dengan prajurit, tidak seperti interaksi antara majikan dengan buruh, tidak juga seperti teman biasa. Mereka disatukan dalam suatu hubungan yang sangat kuat dan sakral, sehingga telah menjadi satu kesatuan hati, pikiran, perasaan, kejiwaan, selera, cita-cita, harapan, dan keinginan.

Namun justru karena suami dan istri berada dalam suatu situasi interaksi yang sangat unik itulah, sering “kurang peduli” terhadap pasangannya. Karena menganggap pasangannya sudah seperti dirinya sendiri, sudah menjadi satu bagian dari dirinya, maka suami atau istri kadang lebih mampu dan lebih mudah bersikap baik kepada orang lain daripada kepada pasangannya. Dalam memberikan penilaian, juga terjadi situasi yang mirip demikian. Lebih mudah melihat kebaikan yang dilakukan orang lain daripada yang dilakukan pasangan.

 

Adil dalam Menilai Pasangan

Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak ada orang yang tidak memiliki kelebihan, sebagaimana tidak ada orang yang tidak memiliki kelemahan. Pada kehidupan berumah tangga, suami dan istri masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, memiliki sisi-sisi positif dan negatif, memiliki kontribusi kebaikan dan keburukan. Kadarnya memang berbeda-beda, akan tetapi tidak bisa memandang dengan penuh kemutlakan, bahwa hanya ada satu sisi saja dalam diri pasangan kita, atau dalam diri kita sendiri.

Jika suami melihat kekurangan istri, hendaknya juga melihat bahwa telah banyak kelebihan yang dimiliki istri selama ini. Ada cinta, pengorbanan, kesetiaan, pelayanan, yang diberikan istri selama ini yang tidak bisa dinilai dengan harta atau materi. Keseluruhannya tidak bisa dihilangkan hanya karena istri melakukan sebuah kesalahan atau menampakkan kelemahan yang membuat suami tidak berkenan.

Demikian pula apabila istri melihat ada kekurangan pada suami, hendaknya bisa melihat sisi-sisi kebaikan suami yang telah ditampakkan selama ini. Ada tanggung jawab, perlindungan, kasih sayang, perhatian dan pemberian yang tak bisa terhapuskan begitu saja oleh karena suami melakukan suatu kesalahan atau memiliki kelemahan. Sangat diperlukan timbangan keadilan dalam memberikan penilaian kepada pasangan, justru karena tidak ada seorang manusia pun yang sempurna.

 

Membuat Daftar Kebaikan Pasangan

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat