Melibatkan Anak untuk Mempersiapkan Masa Tua Kita

Melibatkan Anak untuk Mempersiapkan Masa Tua Kita

Hadila.co.id Masa tua adalah, masa yang pasti datang. Terkadang kita perlu mempersiapkan masa tua agar kelak ketika tua kita sudah memiliki rencana baik itu tetap bekerja, berwirausaha, berbisnis, berkebun, atau menghabiskan waktu bersama anak dan cucu kita kelak.

Dalam mempersiapkan masa tua kita juga perlu melibatkan anak, sebab ketika kita tua nanti mereka adalah orang yang paling kita butuhkan. Mereka kelak lah yang akan merawat kita di masa tua. Hal ini seperti yang dialami sahabat Hadila di bawah ini.

Pensiunan Tak Menjadi Hambatan Berkarya bagi Seorang Muslim

”Eyang kok dapat uang terus ya Bun, padahal nggak kerja, lha Bunda besok gimana?”

Belum sempat aku menjawab pertanyaannya, ”Lha kan Bunda nggak pegawai kayak Eyang, Ayah juga bukan pegawai, jadi nggak dapat pensiun,” tambah Kakak.

Aku tersenyum mendengar pertanyaan Kakak. Siang itu perbincangan dengan anakku seputar persiapan di hari tua sampai pilihan macam-macam pekerjaan, pengertian pensiun, pesangon dan perlunya tabungan sebagai bekal di hari tua mengalir indah.

Mengajarkan Buah Hati Mencegah Bullying pada Anak dan Cara Menyikapinya

Ayah bunda, roda kehidupan terus berjalan seiring dengan bertambahnya usia kita. Oleh karena itu kita perlu mempersiapkan masa tua.

Tidak ada salahnya ketika ada momen seperti diatas kita ajak Ananda, terlebih bagi yang sudah remaja untuk berbagi cerita tentang rencana kita dan mempersiapkan masa tua nanti. Ada beberapa hal yang dapat kita sampaikan, diantaranya:

Pertama, pemenuhan kebutuhan hidup. Kehidupan membutuhkan sarana, dan itu bisa terpenuhi dengan cara bekerja agar tidak menggantungkan hidup pada orang lain.

Oleh karena itu perlu kita sampaikan kepada Ananda macam-macam jenis pekerjaan beserta pernak-pernik didalamnya. Penekanannya bukan pada pekerjaan tetapnya, tetapi manusia harus tetap bekerja.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat