Melatih Anak Makan Sendiri

Melatih Anak Makan Sendiri

“Bagaimana cara mengajari anak (7 tahun) supaya mau dan bisa makan sendiri karena dia sudah telanjur selalu disuapi? Terima kasih,” Rachma, Sleman

 

Hadila.co.idAnak makan sendiri dapat menunjukkan kemandirian diri pada usia tertentu. Lalu bagaimana melatih anak agar mampu makan sendiri? Berikut jawaban dari Budhy Lestari S Psi, seorang Psikolog pengisi Rurbik Konsultasi Tumbuh Kembang, Hadila.

Saat anak semakin besar, kita berharap kematangan dan kemandiriannya akan semakin meningkat. Betapa senangnya kita, bila tiap tahap perkembangan anak terlampaui dengan baik sesuai usia perkembangannya. Demikian pula dengan ananda, kita pun berharap agar ananda mampu mandiri dalam berbagai halnya.

Terkait kemandirian, kita perlu telaten membimbing dan mengajar anak sejak dini. Terkadang karena beberapa hal misal orangtua yang sibuk, proses pengasuhan sebagian besarnya diserahkan kepada asisten rumah tangga. Jika begini, anak cenderung serba terlayani sehingga kesempatannya untuk mencoba menjadi terabaikan.

Atau kadang karena keterbatasan waktu, orangtua lebih memilih menyelesaiakan sendiri segala hal terkait keseharian anak karena menganggap akan lebih lama bila dikerjakan anak. Bisa juga anak takut mencoba hal baru karena takut keliru (tidak sesuai harapan orangtua), sehingga untuk keseharian dia lebih memilih tergantung orangtuanya.

Berikut beberapa hal agar mendorong kemandirian anak, termasuk kemandirian dalam makan;

Pertama, senantiasa tanamkan konsep, “Semakin besar anak, maka kewajibannya juga sudah mulai besar” dia harus berusaha melakukan segalanya sendiri. Misal, menata tas, membereskan meja belajar, makan sendiri tanpa bantuan, dll.

Admin Hadila
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat