Lima Nasihat Rasulullah Agar Kita Selamat Hingga Akhirat

Lima Nasihat Rasulullah Agar Kita Selamat Hingga Akhirat

Hadila.co.id — Rasulullah, sebagai suri teladan terbaik pernah memberikan lima nasihat kepada salah satu sahabatnya, Abu Hurairah, yang senantiasa mengikuti Rasulullah ke mana saja guna menyerap ilmu dari beliau.

Nasihat-nasihat itu, jika dilaksanakan dengan baik, kelak akan mengantar seseorang selamat dunia hingga akhirat. Apa saja lima nasihat Rasulullah tersebut? Berikut ini Hadila telah merangkum untuk Sahabat semua.

Menjauhi Urusan yang Haram

Nasihat Rasulullah yang pertama adalah menjauhi urusan-urusan yang haram, niscaya engkau akan menjadi orang paling taat. Saat kita mampu melaksanakan banyak perintah; salat, puasa, zakat, haji, dan lain-lain. Namun, masih sering berhubungan dengan hal-hal haram, maka kebaikan-kebaikan itu tak banyak berguna.

Mensyukuri Segala Pemberian Allah

Nasihat Rasulullah yang kedua adalah rida dengan apa pun yang Allah beri, engkau pasti akan menjadi orang paling kaya. Banyak orang ingin menjadi kaya, tetapi tidak memahami apa itu kaya. Semua yang ada di dunia ini adalah milik Allah, tak ada seorang pun yang benar-benar memiliki sesuatu.

Kekayaan sejati adalah ketika kita mampu dekat dengan Dia yang Mahakaya. Orang yang rida dengan pemberian Allah adalah orang kaya, sebab dia yakin segala kebutuhannya akan dipenuhi oleh Yang Mahakaya.

Berbuat Baik kepada Tetangga

Selanjutnya nasihat Rasulullah yang ketiga adalah berbuat baik kepada tetangga, engkau pasti menjadi mukmin sejati. Rasulullah Saw bersabda, “Tidak beriman seseorang sehingga dia mengatakan apa yang baik, atau (jika tidak bisa) dia diam. Tidak beriman seseorang sehingga dia memuliakan tetangganya. Dan tidak beriman seseorang sehingga dia memuliakan tamunya.” [H.R. Bukhari dan Muslim]

Mencintai Orang Lain Seperti Mencintai Diri Sendiri

Sementara itu nasihat Rasulullah yang keempat adalah mencintai orang lain sebagaimana mencintai diri sendiri, engkau pasti menjadi muslim sejati. Jika mengharapkan kesehatan untuk diri, maka harapkan pula kesehatan itu dirasakan orang lain.

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat