fbpx

Kunci Kesejiwaan: Membuka Diri untuk Berubah Bersama Pasangan

Kunci Kesejiwaan: Membuka Diri untuk Berubah Bersama Pasangan

Oleh: Cahyadi Takariawan (Konsultan Keluarga Nasional)

Setelah menikah, suami dan istri menjadi satu jiwa yang utuh, saling terikat dengan rumus yang tepat, sehingga tidak ada godaan yang bisa memisahkan mereka. Saya menyebut kondisi ini dengan “kesejiwaan”, suami dan istri yang sudah menemukan chemistry hubungan dan memiliki ikatan yang kokoh (mitsaqan ghalizha) tak terpisahkan.

Untuk mencapai situasi kesejiwaan ini tidak mudah, walaupun juga tidak susah. Hanya memerlukan kesabaran dalam melalui prosesnya yang tampak rumit.

Salah satu hal yang harus dilakukan untuk membangun kesejiwaan bersama pasangan adalah, membuka diri untuk berubah.

Anda harus membuka hati, pikiran, dan jiwa untuk berproses dan berubah bersama pasangan. Anda bukan lagi seorang jomblo yang hidup bebas. Anda bukan lagi sosok bujang yang hidup tanpa beban. Anda berdua adalah sosok baru yang hidup bersama dalam sebuah ikatan sakral atas nama Allah. Sepenuhnya Anda berdua harus menyadari hal ini. Jangan lagi berpikiran, berperasaan, berperilaku seperti ketika belum menikah.

Kesediaan untuk berubah ini menjadi sangat penting, mengingat Anda tidak bisa menuntut pasangan Anda saja yang berubah menyesuaikan keinginan dan selera Anda. Tidak bisa. Anda terikat satu dengan yang lainnya, dan berinteraksi secara sangat intim, maka pasti memberikan pengaruh satu dengan yang lain. Jangan hanya menuntut pasangan yang berubah, karena cara pandang seperti ini sangat ego-sentris. Jangan “aku”, padahal pasangan Anda juga memiliki harapan serta keinginan kepada Anda.

“Mengapa kamu tidak mau berubah menyesuaikan dengan harapanku?” menjadi pertanyaan absurd jika hanya berbentuk tuntutan sepihak. Pernyataan yang lebih layak dilontarkan adalah, “Apa harapanmu kepadaku, aku akan berusaha memenuhinya.” Identitas yang dijadikan tolok ukur bukanlah diri Anda, suami ataupun istri. Namun Anda harus menyepakati identitas baru sebagai jalan tengah dan titik temu untuk perubahan Anda berdua.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat