KONSULTASI KESEHATAN : Solusi Batuk Kronis

KONSULTASI KESEHATAN : Solusi Batuk Kronis
Sumber Foto dari merdeka.com

Oleh : dr. Fariz Nurwidya, SpP., PhD, FASPR (Ketua Bidang Litbang Ritek Kesehatan DPP IMANI – PROKAMI)

Hadila.co.id – Assalamu’alaikum dokter, saya tidak pernah punya riwayat batuk parah. Hanya batuk yang muncul ketika bersamaan dengan flu, 3 hari sembuh. Namun saya pernah mengalami batuk lama sekali, sebulan lebih tak sembuh juga. Bahkan tak jarang hingga susah bernapas karena tenggorokan seperti lengket karena batuk dalam durasi lama. Bagaimana solusi dan pencegahannya? Terima kasih. Rahmad. [0856433xxxx]

Wa’alaikumsalam Wr.Wb. Pak Rahmad. Terima kasih atas pertanyaannya.

Dalam bahasa medis, batuk terus-menerus yang berlangsung dalam jangka waktu lama kurang lebih dua bulan atau lebih pada orang dewasa dan satu bulan atau lebih pada usia anak-anak disebut batuk kronis. Batuk kronis bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari gangguan kesehatan atau penyakit yang memiliki syaratnya.

Banyak faktor penyebab yang menimbulkan gejala batuk terus menerus. Kebiasaan merokok dan terlalu sering terpapar asap rokok adalah salah satu penyebab utama batuk kronis. Selain merokok, kurang minum juga bisa menyebabkan batuk terus-menerus dan tak kunjung sembuh, bahkan bisa memperparah batuk dan flu.

Batuk pada hakikatnya adalah mekanisme pertahanan saluran napas untuk terhindar dari masuknya zat-zat berbahaya.

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat